Home » Perawatan Gigi » Gigi Berlubang » Jenis Bahan Tambal Gigi

Jenis Bahan Tambal Gigi

Sunday, September 22nd 2013. | Gigi Berlubang, Perawatan Gigi

Jenis Bahan Tambal GigiJenis Bahan Tambal Gigi – Dalam mengatasi gigi yang berlubang selain mencabut, menambal gigi merupakan salah satu alternatif yang paling baik jika gigi anda tidak ingin ompong. Namun, Sekarang sudah banyak variasi bahan tambal gigi, mulai dari bahan yang murah sampai yang mahal.

Mau tau apa saja bahan-bahan tambal gigi?

1. Tambal Gigi Amalgam
Tambal Gigi AmalgamInilah yang sering orang pilih ketika akan tambal gigi. Selain murah biayanya, prosesnya juga cepat. Tapi sayangnya warna tambal gigi amalgam begitu kentara. So, untuk cewe-cewe atau cowo-coeo modis, warna bahan ini akan sangat mengganggu penampilannya. Pasti akan sangat enggak pede kalo ingin tertawa, takut kelihatan tambalan giginya. Hehehe…

 

2. Tambal Gigi Komposit
Tambal Gigi KompositJenis tambal gigi yang ke dua terlaku di pasaran adalah tambal gigi yang berbahan komposit. Apa itu komposit? Komposit biasanya terbuat dari bubuk gelas kuarsa atau silika yang ditambahkan pada adonan resin dasarnya. Kelebihan tambal gigi komposit daripada jenis tambal gigi yang di atas adalah bahannya sewarna dengan gigi kita. Tapi warna putih tambal gigi ini ada batasan waktunya (walaupun cukup lama), karena warnanya akan berubah sedikit demi sedikit seiring waktu berjalan.

3. Tambal Gigi Porcelain
Tambal Gigi PorcelainNah ini dia pilihan tambal gigi terbaik untuk yang berkantung tebal setebal buku pelajaran kuliah. Daya tahan bahan porcelain dan ketahanan warnanya sangat lama, bisa berpuluh-puluh tahun lamanya. Proses pembuatannya juga harus dilakukan di laboratorium dengan sangat hati-hati.

Eit bukannya gigi teman yang harus dibawa ke laboratorium. Setelah dokter gigi mengebor dan membersihkan bolongan giginya, mereka akan mencetak model bentukan lubang gigi kita. Trus dikasih tambal gigi sementara deh dan model cetakannya akan dibawa kelaboratorium untuk dibuat tambal gigi porcelain. Keesokan harinya baru bisa dipasangkan ke lubang gigi tersebut.

4. Tambal Gigi Emas
Tambal Gigi EmasTambal gigi emas adalah tambalan gigi yang paling kuat, keras dan tahan lama. Gak ada istilahnya bahan emas bisa retak. Sama seperti tambal gigi porcelain, cetakan bahannya harus dibuat juga di laboratorium. Jadinya paling cepat juga 2 hari baru selesai proses tambal gigi ini, sehari untuk memeriksa lubang gigi dan membuat cetakan tambal gigi dan sehari lagi proses pemasangannya. Untuk biaya sih bisa kalian pikirkan sendiri yoo…

Itulah sedikit pengenalan tentang tambal gigi. Sebelum menentukan mau memilih jenis tambal gigi yang mana, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi dan keuangan anda.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Jenis Bahan Tambal Gigi