Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Tips Sebelum Melakukan Pemasangan Kawat Gigi

Tips Sebelum Melakukan Pemasangan Kawat Gigi

Tuesday, September 3rd 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Perawatan Gigi

Tips Sebelum Melakukan Pemasangan Kawat Gigi - Untuk merapikan posisi gigi yang tidak teratur memasang kawat gigi/ behel adalah salah satu solusi yang tepat untuk dilakukan. Karena, kawat gigi/behel adalah alat yang digunakan di dunia kedokteran gigi untuk merapikan posisi gigi yang tidak teratur, seperti posisi gigi yang terlalu maju (Tonggos). Namun, belakangan ini kegunaan kawat gigi tidak lagi hanya untuk merapikan gigi namun sudah menjadi tren fashion di kalangan remaja.

Pemasangan Kawat GigiSebelum anda memasang kawat gigi/behel maka anda harus mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  • Hal pertama yang anda harus Persiapkan adalah waktu libur yang lumayan lama guna pada saat melakukan perawatan awal maupun saat memasang kawat nantinya,  tidak mengganggu urusan anda yang lain karena pemasangan yang belum selesai.
  • Foto rontgen gigi (Cepalometrix dan atau Panoramix), foto ini tujuannya untuk mengetahui struktur gigi kita baik bentuk maupun apakah terdapat gigi yang berlubang/perlu dicabut.
  • Biaya yang harus dikeluarkan, untuk saat ini (Tahun 2013) biaya pemasangan rata-rata antara Rp. 5-9 Juta dimana setiap kali kontrol terkena biaya Rp. 20 ribu – Rp. 50 Ribu. Biasanya terdapat biaya tambahan apabila ternyata memerlukan penanganan lanjutan seperti pembersihan karang gigi, pencabutan gigi, obat, dll.
  • Lakukan test tekanan darah (tensi) dan kadar gula, untuk memastikan bahwa kita dalam kondisi yang memungkinkan untuk melakukan pemasangan kawat gigi terutama apabila terdapat gigi yang perlu  untuk dicabut. Apabila tekanan darah kita tinggi atau kadar gula kita tinggi dapat mempengaruhi banyaknya darah yang dapat keluar apabila gigi.

 Hal yang diakukan Saat pemasangan kawat gigi berlangsung.

  • Sebelum Melakukan Pemasangan Kawat GigiPertama , Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi anda, apakah ada gigi yang harus dicabut atau tidak. Apakah kawat gigi cukup 1 bagian (atas/bawah) ataukah keduanya. Apabila ternyata keduanya apakah dipasang bersamaan ataupun tidak. Kita berhak mengtahui apa saja yang ingin dilakukan oleh  dokter gigi tersebut, dan berhak untuk tidak menyetujui apabila apa yang ingin dilakukan oleh dokter itu tidak perlu untuk dilakukan. Misalnya :  menurut dokter gigi harus dicabut 4 gigi, sedangkan menurut kita cukup 2 gigi. Konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu.
  • Kedua, Apabila pemasangan tidak dapat dilakukan dalam 1 hari, buatlah jadwal di hari yang berdekatan supaya penanganannya lebih maksimal. Misalnya hari pertama untuk pencabutan gigi dan hari kedua untuk pemasangan kawat gigi.
  • Ketiga, Makan terlebih dahulu sebelum datang ke dokter gigi. Karena setelah dilakukan pemasangan kawat gigi ,  karena akan timbul sariawan atau rasa sakit dan geli pada gigi untuk mengunyah karena posisi gigi yang tertarik ke posisi baru.
  • Keempat, Tanya kepada dokter, bagaimana cara  menggosok gigi yang benar dan tipe sikat gigi yang cocok dengan gigi anda setelah dilakukan pemasangan kawat gigi.
  • Keenam, Minta obat kepada dokter untuk meredakan rasa nyeri (biasanya Pondstan, dll), obat untuk meredakan gusi bengkak apabila dilakukan pencabutan, dan obat antibiotik.
Advertisement
tags: , , , , , , ,

Comment For Tips Sebelum Melakukan Pemasangan Kawat Gigi