Home » Perawatan Gigi » Tips Perawatan Gigi Berlubang Tanpa Di Bor

Tips Perawatan Gigi Berlubang Tanpa Di Bor

Sunday, October 20th 2013. | Perawatan Gigi

Perawatan Gigi BerlubangTips Perawatan Gigi Berlubang Tanpa Di Bor - Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang malas menambal gigi di karenakan mereka takut mendengar bunyi suara bor gigi. Namun kini sebuah penemuan baru yang dilakukan di University of Leeds telah menemukan metode perawatan penambalan gigi tanpa menggunakan bor gigi dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Dalam penelitian yang dilakukan mereka menemukan suatu bahan yang dipercaya mampu memperbaiki kondisi awal dari gigi berlubangdengan cara meregenerasi jaringan gigi yang telah rusak tersebut. Bahan tersebut berupa cairan yang dibuat berdasarkan pengetahuan tentang bagaimana cara gigi terbentuk dan proses stimulasi regenerasi dari kerusakan gigi.

Cairan ini mengandung suatu peptida yang dikenal dengan nama P 11-4, yang pada kondisi tertentu akan dapat menyusun dirinya membentuk fiber. Ketika bahan ini dioleskan pada permukaan kerusakan gigi, dia akan masuk ke dalam pori-pori mikro yang terbentuk akibat proses perusakan oleh asam, lalu dia akan berubah bentuk menjadi gel. Gel ini akan menarik kalsium dan meregenerasi mineral gigi dari dalam.

Uji coba ke manusia pun telah dilakukan pada suatu kelompok kecil orang dewasa yang memiliki tanda awal dari kerusakan gigi. Hasilnya, cairan P 11-4 ini berhasil membalikkan proses kerusakan dan meregenerasi jaringan gigi yang rusak.

Profesor Paul Brunton yang ikut mengawasi penelitian ini mengatakan bahwa hasil penelitian ini sangat menjanjikan. Dan apabila dapat diulangi pada kelompok penelitian yang lebih besar, dia yakin dalam 2 atau 3 tahun ke depan bahan ini akan tersedia di klinik-klinik dokter gigi.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Tips Perawatan Gigi Berlubang Tanpa Di Bor