Home » Kesehatan Anak » Tips Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak

Wednesday, December 11th 2013. | Kesehatan Anak, Kesehatan Gigiku

Gigi Anak, Sikat GigiTips Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak – Gigi anak merupakan modal yang besar bagi perkembangan anak itu. Karena kesehatan gigi susu pada anak sangat menentukan gigi tetap rapid an teratur. Bila seorang anak memiliki gigi yang tidak sehat maka anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam mencerna makanan dan dapat menyebabkan anak pertumbuhan anak jadi terganggu. Oleh sebab itu hendaknya sebagai orang tua anda harus memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini.

Pertumbuhan seorang anak ditandai dengan munculnya gigi pertama pada permukaan gusi serta di ikuti dengan perubahan posisi gigi dalam rongga mulut.  Kesehatan mulut pada anak dapat dilihat dari kebersihan mulut.

Perawatan gigi pada anak hendaknya diperkenalkan sejak dini oleh para orang tua. Berikut tips dan trik yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk merawat gigi sang buah hati.

  • Untuk menghindari kerusakan pada gigi terutama gigi berlubang, keropos, dan pembengkakan pada gusi, alangkah baiknya orang tua memperhatikan pola makan sang buah hati, yaitu dengan tidak selalu memberikan makanan yang manis dan mudah lengket pada gigi. Karena makanan manis dan lengket tersebut akan bereaksi di dalam mulut dan akan membentuk asam yang dapat merusak email gigi.
  • Sebelum anak tidur lebih baik tidak diberikan minuman yang mengandung gula misalnya susu, atau minuman manis lainnya tanpa dilakukannya penyikatan atau pembersihan gigi setelahnya. Karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi.
  • Bila anak terutama bayi anda sudah terbiasa meminum susu dalam botol menjelang tidur sampai tertidur, sebaiknya anda membersihkan giginya dengan kapas atau kain yang telah dibasahi. Atau lebih baik isi botol dengan air putih bila memang anak memiliki kebiasaan memegang botol atau minum dengan botol sebelum tidur.
  • Perhatian orang tua terhadap perawatan gigi anak sangat mempengaruhi kesehatan gigi anak terutama anak yang masih berusia dibawah lima tahun. Karena kesehatan gigi pada balita masih memerlukan dukungan orang tuanya terutama sang ibu. Untuk itu alangkah baiknya kalau sejak dini anak anda diberikan pengenalan terhadap kebersihan gigi misalnya dengan memberikan contoh bersikat gigi, atau untuk balita dengan melakukan pembersihan gigi dengan kapas atau kain basah.
  • Bila anak sudah agak besar, orangtua harus dapat membantu anak untuk memulai rutinitas menggosok gigi. Caranya dengan mengajari dan memberi contoh bagaimana cara memegang sikat gigi dan menggosok gigi dengan benar
  • Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi. Anak lebih baik diperkenalkan sejak dini ke dokter gigi, bisa dengan mengajak serta ketika sang ayah dan ibu melakukan pemeriksaan gigi. Sehingga anak tidak mengalami ketakutan ketika berhadapan dengan dokter gigi.

Semoga dengan tips yang diberikan diatas dapat memberikan pengetahuan kepada orang tua untuk bisa menjaga kesehatan gigi pada sang buah hatinya. Semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , , , , , ,

Comment For Tips Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak