Home » Perawatan Gigi » Gigi Berlubang » Tips dan Cara Mencegah Gigi Tidak Keropos

Tips dan Cara Mencegah Gigi Tidak Keropos

Sunday, October 6th 2013. | Gigi Berlubang, Kesehatan Gigi Dan Mulut

Tips dan Cara Mencegah Gigi Tidak KeroposTips dan Cara Mencegah Gigi Tidak KeroposGigi keropos atau erosi gigi terjadi  bermula  dari gigi berlubang (caries) yang tidak segera ditangani. Tanda-tanda adanya lubang pada gigi ialah dengan adanya rasa sakit pada gigi, berupa ngilu dan gigi terasa seperti berdenyut. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang melekat pad permukaan gigi. Sisa makanan tersebut akan membentuk plak dan bereaksi dengan bakteri pada mulut dan menghasilkan senyawa asam, yang mampu melarutkan lapisan enamel dan dentin pada gigi.

Jika lapisan enamel dan dentin pada gigi semakin tipis, maka gigi akan mengalami demineralisasi, dan membentuk lubang pada gigi (Caries). Apabila demineralisasi gigi semakin parah, gigi akan mengalami erosi dan menjadi keropos.

Berikut ini beberapa tips yang dapat mencegah gigi keropos, sebagai berikut :

  • Menjaga kebersihan gigi. Gosoklah gigi sekurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Bila perlu, gunakan benang gigi/flossing untuk membersihkan sisa makanan dari sela-sela gigi.
  • Seminggu sekali berkumur dengan obat kumur untuk membantu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi berlubang, seperti makanan-makanan yang manis (susu, buah-buahan, kue, permen) serta minuman yang bersifat asam (jus buah asam atau minuman bersoda).
  • Perbanyak minum air mineral untuk memperlancar produksi air liur, sekaligus menetralkan kondisi mulut agar tidak bersifat asam.

Selain melakukan tindakan pencegahan di atas, tips mencegah gigi keropos yang tidak kalah penting adalah dengan rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali. Dokter gigi akan membersihkan plak dan karang gigi untuk mencegah terjadinya lubang gigi. Dokter gigi juga dapat mendeteksi apabila terdapat lubang gigi, serta dapat segera melakukan tindakan untuk menanganinya. Penanganan gigi berlubang sedini mungkin sangat penting, untuk mencegah berbagai dampak dari gigi berlubang tersebut, termasuk gigi keropos.

Itulah penjelasan diatas yang dapat anda praktekkan untuk pencegahan gigi terhindar dari keropos yang bermula kurangnya kebersihan gigi dan mulut anda. Semoga bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Tips dan Cara Mencegah Gigi Tidak Keropos