Home » Alat Gigi » Sikat Dan Pasta Gigi

Sikat Dan Pasta Gigi

Friday, December 6th 2013. | Alat Gigi, Kesehatan Gigi Dan Mulut

Sikat Dan Pasta GigiSikat Dan Pasta Gigi – Sikat dan pasta gigi merupakan dua hal yang berbeda namun tidak dapat dipisahkan kalau anda ingin memiliki gigi dan mulut yang sehat. Kebanyakan orang asal memakai sikat dan pasta gigi namun mereka tidak mengetahui apakah sikat dan pasta gigi yang digunakan cocok untuk gigi kita. Sikat gigi apa yang cocok untuk gigi kita, anda tidak usah khawatir karena kami akan membahasnya di postingan kali ini. Beikut pembahasannya…

Sikat gigi

Sikat gigi merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan gigi  yang memiliki ciri berbentuk sikat kecil, memiliki bulu dengan pegangan. Pada zaman sekarang ini telah terdapat  Sikat gigi memiliki berbagai jenis, mulai dari jenis bulunya  mulai dari halus sampai kasar, bentuknya kecil sampai besar, dan berbagai  jenis desain pegangan pada sikat. Kebanyakan dokter gigi menganjurkan penggunaan sikat yang lembut karena sikat keras dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi. Terdapat juga sikat gigi

Kita semua tahu kalau ingin memiliki gigi dan mulut yang sehat kita harus menyikat gigi. Karena dengan menyikat gigi, kebersihan gigi dan mulut kita akan terjaga, selain menghindari terbentuknya lubang-lubang pada gigi juga dapat menghindari  berbagai penyakit gigi dan gusi. Di pasaran telah banyak dijula berbagai  jenis dan ragam sikat gigi, mulai dari yang sikat gigi yang manual maupun elektrik. Sebetulnya, apa saja syarat sikat gigi yang bagus? Yang terpenting adalah bulu sikat dan lebar kepala sikat. Untuk bisa menjangkau daerah-daerah gigi bagian belakang, ukuran kepala sikat gigi yang ideal adalah 35 – 40 mm. Bahkan, orang dewasa sebaiknya juga memakai sikat gigi anak, karena ukurannya yang kecil akan membantu menjangkau bagian gigi yang paling dalam.

Tips untuk memilih sikat gigi yang baik digunakan untuk gigi:

  • Pilihlah sikat gigi yang kepalanya cukup kecil sehingga dapat digunakan dengan baik dalam rongga mulut. Bagi orang dewasa panjang kepala sikat gigi 2,5 cm, sedangkan pada anak 1,5 cm.
  • Panjang bulu sikat gigi hendaknya sama. Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya berbeda tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberapa bulu sikat.
  • Tekstur bulu sikat hendaknya memungkinkan digunakan dengan efektif tanpa merusak jaringan. Jangan memilih bulu keras sebab dapat merusak jaringan. Yang terlalu lunak pun dikhawatirkan tidak dapat membersihkan plak dengan sempurna. Yang paling tepat sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat medium.
  • Gagang sikat harus cukup lebar dan tebal agar dapat dipegang kuat dan dikontrol dengan baik.

Untuk cara menggosok gigi yang baik dan benar sudah saya posting jadi silahkan anda liat sendiri ya..

Pasta gigi atau odol

Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, yang biasanya digunakan bersamaan dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol, yaitu salah satu merek pasta gigi. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generic yang telah dikenal oleh orang indonesia.

Berikut sidikit tips dalam memilih pasta gigi atau odol yang baik:

1. Pilih pasta gigi yang mengandung cukup fluoride. Fluoride berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang. Namun, anak-anak di bawah 3 tahun sebaiknya tidak memakai odol. Pasalnya, terlalu banyak fluoride justru tidak bagus dan membuat gigi lebih rapuh.

2. Pilih pasta gigi yang busanya tidak terlalu banyak. Busa yang terlalu banyak menunjukkan bahwa kandungan deterjen di dalamnya juga banyak. Pendapat bahwa semakin banyak busa semakin baik, tentu tidak benar.

3. Hindari langsung makan setelah menyikat gigi. Pasalnya, kadar asam mulut akan turun dan fluoride pun hilang, sehingga kuman akan masuk lagi. Makan sebaiknya 1 – 2 jam setelah menyikat gigi.

4. Untuk menjaga kondisi gigi, setiap 6 bulan sekali anak sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk dilakukan topical fluoride (pelapisan gigi). Apalagi bagi anak anak yang malas menyikat gigi.

Mungkin sekian dulu yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Sikat Dan Pasta Gigi