Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Resiko Softdrink Bagi Kesehatan Gigi

Resiko Softdrink Bagi Kesehatan Gigi

Saturday, September 7th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Kesehatan Gigiku

Resiko Softdrink Bagi Kesehatan Gigi – Minuman ringan atau biasa dikenal softdrink adalah minuman yang banyak dikonsumsi oleh setiap orang khusunya pada waktu cuaca sedang panas terik. Berbagai cara dari produsen minuman ini menampilkan produknya melalui iklan di media. Hanya dengan penampilan iklan yang kreatif dan berkesan gaul, sehingga dengan mudahnya konsumen mengkonsumsi minuman ini tanpa memperhatikan dampak negatif yang akan ditimbulkan bagi kesehatan.

Minuman ringan (softdrink) adalah salah satu bom waktu yang setiap saat akan meledakkan beberapa masalah kesehatan jika pola konsumsinya tidak diperhatikan.

Resiko Softdrink Bagi Kesehatan Gigi

Softdrink adalah minuman yang tidak mengandung alkohol, tidak mengandung susu atau produk olahan susu dan biasanya dikonsumsi dalam keadaan dingin. Softdrink merupakan Minuman bersoda yang mana campuran air yang disertai dengan karbon dioksida yang menjadikannya sebagai air berkarbonasi, Secara umum minuman ringan dapat berupa cola, air berasa, air bergas, teh manis, limun, squash dan fruitpunch.

Softdrink jika dikonsumsi dengan secara berlebihan akan menyebabkan dampak pengeroposan tulang karena minimnya penyerapan kalsium dan terjadi hiperaktivitas. Kebanyakan produk minuman ringan ini mengandung zat asam yang mampu melarutkan lapisan jaringan keras pada gigi. Ditambah lagi campuran pemanis dengan konsentrasi yang tinggi akan menyebabkan kerusakan gigi lebih parah karena pemanis akan mengundang banyak bakteri perusak gigi.

Pengeroposan gigi

Gigi bisa erosi karena larut oleh asam yang terkandung dalam softdrink

Efek pengeroposan gigi oleh softdrink akan maksimal pada menit-menit pertama setelah kontaknya rongga mulut dengan minuman tersebut. Frekuensi dan cara mengkonsumsi softdrink juga dapat mempengaruhi sifat pengeroposannya. Meminum softdrink dengan menggunakan sedotan daya pengeroposan giginya akan lebih kecil disbanding jika diminum langsung tanpa sedotan karena jika menggunakan sedotan, minuman tersebut lebih sedikit kontaknya dengan permukaan gigi.

minum softdrink

Jika anda ingin meminum softdrink, minumlah menggunakan sedotan untuk mengurangi efek negatifnya

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Resiko Softdrink Bagi Kesehatan Gigi