Home » Kesehatan Gigiku » Rahasia Memiliki Gigi dan Gusi Agar Sehat dan Indah

Rahasia Memiliki Gigi dan Gusi Agar Sehat dan Indah

Thursday, October 17th 2013. | Kesehatan Gigiku, Perawatan Gigi

Rahasia Memiliki Gigi dan Gusi Agar Sehat dan IndahRahasia Memiliki Gigi dan Gusi Agar Sehat dan Indah – Pada hari raya idul adha yang saat ini dilakukan umat muslim (termasuk saya), tentu kita berbondon-bondong menyatap daging kurban, namun sangkin asiknya kita menyantap daging kurban sehingga kita lupa untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga dapat menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, gigi berlubang, dan kanker mulut.

Kebanyakan dari kita hanya memperdulikan kesehatan gigi dan mulut saja, namun kesehatan gusi sering dilupakan. Meskipun kita memiliki gigi yang sehat dan kuat, apa gunanya jika kesehatan gusi tidak terjaga.

Berikut beberapa tips untuk menjaga gigi dan gusi sehat diantaranya:

Menyikat gigi dua kali sehari

Semua orang tentu rajin menyikat gigi setiap hari, namun banyak dari kita yang tidak tau cara menyikat dengan benar dan berapa lama waktu penyikatan.

Gunakan obat kumur

Sehabis makan tentu mulut kita akan penuh berbagai jenis kuman dan bakteri, salah satunya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut, radang gusi, dan plak. Selain hanya menyikat gigi dan flossing (benang gigi), Anda juga memerlukan obat kumur untuk melawan kuman dan bakteri yang ada didalam mulut.

Obat kumur membantu membersihkan karang gigi dan penumpukan plak. Karang gigi dan plak juga menggerogoti email gigi Anda. Karang gigi dan plak juga bisa menyebabkan radang gusi. Bentuk ringan dari penyakit gigi dan gusi adalah radang gusi.

Ganti sikat gigi Anda secara teratur

 Jika anda menyikat gigi dengan sikat gigi yang tidak layak atau tidak higienis, itu akan menjadi sia-sia. Karena sikat gigi yang tidak pernah diganti itu bukan malah membersihkan kuman dan bakteri di mulut malahan dapat memperparah kesehatan gigi dan mulut. Untuk mencegah hal itu terjadi anda dapat menggunakan cara untuk menjadikan sikat gigi yang higienis.

 Menjaga pola makan yang sehat

Kita adalah apa yang kita makan, sehingga membuat pilihan yang baik dengan tidak membahayakan gigi. Wajar jika Anda ingin memanjakan diri dengan makanan enak, tapi konsumsi terlalu banyak makanan manis akan menyiksa mulut Anda.

Kunjungi dokter gigi Anda

Sangat penting untuk mendapatkan pembersihan setidaknya sekali setiap enam bulan, selain setiap kali Anda mengalami rasa sakit yang tidak biasa atau Anda merasa tidak nyaman dengan gusi Anda.

Semoga Bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Rahasia Memiliki Gigi dan Gusi Agar Sehat dan Indah