Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Penyebab Pergeseran Pada Posisi Rahang

Penyebab Pergeseran Pada Posisi Rahang

Thursday, January 3rd 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Penyakit Gigi

Posisi Rahang yang tidak pada tempatnya biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang amat perih di dalam  mulut. Sehingga dampak yang ditimbulkannya adalah sulitnya Mulut untuk bisa ditutup rapat,  sulitnya untuk mengunyah makanan, dan bentuk wajah akan menjadi jelek.

Posisi Rahang yang suka berpindah biasanya banyak disebabkan oleh seringnya mulut  terbuka terlalu lebar ketika sedang ketawa atau karena kecelakaan. Penyebab lain dari pergeseran rahang termasuk muntah, menguap, kelonggaran pada rahang (hypermobility), yang seringkali terjadi dan menyebabkan terjadinya gangguan temporomandibuler.

Dalam mengatasi permasalahan ini biasanya Dokter akan mengembalikan posisi rahang agar kembali ke tempatnya dengan meletakkan ibu jarinya pada gusi sebelah gigi terbawah lalu  menekan ke bawah dan kemudian dengan perlahan mendorongnya ke permukaan bagian luar gigi.

Ketika posisi rahang telah kembali kepada posisi semulanya, maka orang tersebut akan diberitahukan oleh dokter agar tidak membuka mulutnya terlalu lebar setidaknya dalam waktu 6 minggu. Orang tersebut dan keluarganya biasanya akan diajarkan bagaimana cara untuk memperbaiki rahang apabila kembali tidak pada posisinya. Jika orang tersebut mengalami lebih dari satu kali perubahan pada posisi rahangnya, maka tak menuntut kemungkina akan dilakukan operasi  untuk mengurangi resiko perubahan lebih lanjut. Misalnya, ligamen yang menghubungkan rahang dengan tengkorak (pada sendi temporomandibuler) bisa dipendekkan, dengan demikian mengencangkan sendi.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Penyebab Pergeseran Pada Posisi Rahang