Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Penyebab Penyakit Kanker Mulut dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit Kanker Mulut dan Pencegahannya

Wednesday, May 8th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut

Penyebab kanker mulutPenyebab Penyakit Kanker Mulut dan Pencegahannya – HPV (human papillomavirus) bukan hanya sebagai penyebab kanker serviks tapi juga dapat menyebabkan kanker rongga mulut dan juga anus. Hal ini di perkuat dengan hasil studi yang di publikasikan dalam The New England Journal of Medicine. HPV di yakini dapat menjadi pemicu munculnya sejumlah penyakit, terutama kanker rongga mulut maupun kanker serviks.

Kanker rongga mulut yang di sebabkan oleh HPV bisa menyebabkan sejumlah jaringan menjadi rusak, terutama pada bagian leher dan juga kepala. Sementara untuk kanker anus di sebabkan oleh ganansnya sel anus yang di sebabkan oleh HPV. Kanker anus menyerang mereka yang mengidap HIV/AIDS. Hal ini di sampaikan oleh American Cancer Society yang memperkirakan sekitar 30.400 kasus kanker anus, 90 persen diantaranya adalah pengidap HIV.

Selain karena HPV, penyebab kanker mulut juga bisa di akibatkan oleh gigi berlubang. Hal ini karena syaraf-syaraf gigi mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan terjadinya infeksi yang berkepanjangan dan dapat memicu timbulnya kanker mulut yang sangat berbahaya. Tidak heran jika sering ditemukan kasus kanker mulut yang di sebabkan oleh adanya gigi berlubang dan tidak di lakukan tindakan medis sejak dini.

Pada umumnya mereka yang sering mengalami kanker mulut akibat gigi berlubang adalah mereka yang termasuk golongan ekonomi menengah kebawah. Hal ini karena mereka tidak memiliki biaya untuk pergi memeriksakan gigi mereka ke dokter gigi. Akibatnya adalah gigi bolong yang tadinya hanya kecil berubah menjadi penyakit kanker yang menakutkan. Maknya jangan pernah menyepelehkan gigi berlubang, apa lagi jika sampai infeksi.

Nah, agar terhindar dari kanker mulut yang di sebabkan oleh HPV dan juga gigi berlubang, pemberian vaksin HPV sejak dini sangat di anjurkan. Meskipun sebenarnya human papillomavirus tidaklah terlalu berbahaya karena infeksi yang di sebabkan oleh HPV dapat sembuh sendiri, meskipun ada juga yang berubah menjadi kanker, tapi dalam jumlah persentase yang cukup kecil. Untuk gigi yang berlubang sebaiknya di periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.

Itulah ulasan mengenai penyebab kanker mulut dan juga cara mencegahnya sejak dini. Dengan melakukan cara-cara hidup sehat dan juga rajin berolah raga, maka hidup kita akan jauh dari berbagai macam penyakit, terutama kanker mulut. Dan tidak lupa sikat gigi minimal dua kali sehari untuk menghindari gigi berlubang yang dapat berpotensi menjadi penyebab kanker mulut.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Penyebab Penyakit Kanker Mulut dan Pencegahannya