Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Penyebab Gigi Sensitif Pada Ibu Hamil

Penyebab Gigi Sensitif Pada Ibu Hamil

Monday, September 9th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Penyakit Gigi

Penyebab Gigi Sensitif Pada Ibu HamilPenyebab Gigi Sensitif Pada Ibu Hamil  – Karena sangkin senangnya ibu yang sedang hamil muda, sehingga dia banyak melupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatannya seperti  ia lupa untuk menjaga kesehatan gigi. Banyak pertanyaan yang menyelimuti benak para ibu hamil. Salah satu diantaranya mengapa gigi mereka menjadi lebih sensitive saat sedang hamil?

Bagi para  ibu yang sedang mengandung pada umumnya akan cenderung mengalami radang gusi (gingivitis), dan akibat adanya iritasi yang terjadi pada gusi yang bengkak secara terus menerus  kemungkinan 5 %  ibu hamil akan terserang tumor jinak gusi.

Akibat Tingginya kadar hormone estrogen dan progesterone yang dialami oleh ibu hamil pada dua trimester terakhir ( bulan ke 4-9) menyebabkan wanita yang sedang mengandung akan sering mengalami plak gigi, gigi menjadi lebih sensitive dan terjadinya radang gusi juga tumor gusi.

Kesehatan Gigi Yang Terlupakan

Demikian konsentrasinya ibu pada kesehatan kandungannya,sehingga ia lupa tehadap kesehatan giginya. Sehingga pada suatu hari ibu akan mengalami perdarahan gusi setiap kali sedang menggosok gigi dan akan merasa jika ada lubang di geraham. Semua ini disebabkan oleh berat badan yang dipikul gigi dan gusi selama kehamilan.

Gusi dapat mengalami hal yang terburuk, membengkak akibat meningkatnya produksi hormone selama hamil. Demikian juga gigi, dapat menjadi korban dari kondisi ibu.

Masalahnya, kebanyakan ibu hamil merasa khawatir untuk pergi ke dokter.  karena mereka mengetahui bahwa selama proses kehamilan dia tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat. Namun, demi menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan, para ibu hamil disarankan untuk mengunjungi dokter gigi minimal sekali selama kehamilan,  meskipun anda tidak memiliki masalah yang berarti bagi kesehatan gigi dan mulut anda. Apalagi jika sebelum kehamilan, gigi ibu sudah bermasalah ( berlubang misalnya).

Gigi yang rusak berat dapat menjadi sarang infeksi yang bisa menyebar ke seluruh jaringan, sehingga selain membahayakan ibu juga janin yang dikandung. Termasuk gigi geraham bungsu yang sering terjepit juga harus segera ditangani.

Namun jangan lupa untuk mengatakan pada dokter gigi tentang kondisi ibu saat hamil, ini sangat berkaitan dengan obat atau penanganannya.  Salah satunya untuk memastikan bahwa janin tidak kekurangan suplai oksigen akibat anastesi. Pada sebagian kasus anastesi lokal sudah memadai.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

 Selesai perawatan gigi, mungkin ibu akan mengalami gangguan dalam mengunyah. Untuk sementara waktu mungkin dokter akan menganjurkan anda untuk mengkonsumsi cairan yang bergizi. Misalnya dengan mengkonsumsi milkshake yang memiliki kadar protein dan mineral yang tinggi. Atau ibu bisa mengkonsumsi sup buah atau sup  yang terbuat dari sayuran yang sudah dilembutkan dan ditambah dengan keju, yoghurt serta susu skim. Sebagai pelengkap minumlah jus jeruk segar. Setelah ibu bisa makan makanan yang lembut, tambahkan dengan sayuran, daging yang dilembutkan, telur mata sapi, yoghurt tanpa gula, kentang lembut atau bubur gandum serta susu non lemak.

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Penyebab Gigi Sensitif Pada Ibu Hamil