Home » Kesehatan Gigiku » Penyebab dan Cara Mengatasi Sendawa

Penyebab dan Cara Mengatasi Sendawa

Wednesday, November 20th 2013. | Kesehatan Gigiku

Tips Mencegah dan Mengatasi SendawaPenyebab dan Cara Mengatasi Sendawa – Bersendawa atau dalam istilah medis disebut aerophagia merupakan hal normal yang dilakukan oleh setiap orang  dengan mengeluarkan udara atau gas yang menumpuk di dalam perut sehingga dapat bermanfaat pada kesehatan tubuh dan dapat mengurangi rasa tidak nyaman dalam perut.

Penyebab sendawa tidak hanya makanan atau minuman saja yang masuk ke dalam tubuh pada waktu kita makan atau minum, Tetapi juga udara seperti gas oksigen dan nitrogen yang turut juga ikut masuk ke dalam perut. Sehingga udara yang bila telah menumpuk ini harus dikeluarkan melalui sendawa. Selain di atas Ada beberapa hal umum yang dapat menyebabkan terjadinya bersendawa.

Berikut ini beberapa penyebab umum terjadinya bersendawa sebagai berikut:

Kelebihan Asupan Makanan yang Mengandung Gas

Hal yang lain yang dapat menimbulkan sendawa ialah konsumsi berlebihan Makanan-makanan yang mengandung gas diantaranya adalah soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain sebagainya.

Asupan Udara

Salah satu penyebab utama sendawa adalah udara yang terhirup melalui mulut. Masuknya udara ke dalam tubuh dapat melalui berbagai cara, diantaranya pada saat merokok, mengunyah permen karet atau ketika makan terlalu cepat.

Mengonsumsi Susu Dingin Saat Perut Kosong

Sendawa dapat disebabkan oleh intoleransi laktosa yaitu gangguan pencernaan setelah minum susu atau produk susu. Sebaiknya mengamati reaksi tubuh setelah minum susu dan menentukan penggunaan selanjutnya berdasarkan reaksi tersebut.Sendawa biasanya dianggap sebagai tanda tubuh telah kenyang. Tetapi, jika sendawa terjadi berulang-ulang bahkan ketika perut dalam keadaan kosong serta diikuti dengan gejala lainnya, bisa jadi ada yang tidak beres dengan tubuh.

Sendawa tidak mengenal batas usia dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Walaupun sendawa bukanlah penyakit menurut medis, tetapi jika kita bersendawa pada waktu yang  kurang ‘pas’ akan membuat kita merasa tidak nyaman dan malu. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita melakukan beberapa cara penanganannya.

Berikut yang dapat dilakukan untuk menghindari sendawa, di antaranya:

Tidak Berbaring Setelah Makan

Hindari berbaring segera setelah makan merupakan hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah sendawa habis makan. Atau alangkah  Lebih baik ketika anda habis makan anda jalan –jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati berlutut selama 10 menit. Cara yang satu ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik.  Jangan lupa pastikan pada saat anda mengunyah makan dilakukan secara perlahan-lahan guna mencegah udara masuk dalam perut terlalu banyak.

Lakukan Olahraga Sederhana

Untuk membantu mengeluarkan udara dari perut, cobalah melakukan olahraga sederhana. Berbaringlah dalam posisi telentang lalu angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dapat membuat Anda merasa lebih baik dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Duduk Tegak Setelah Makan

Duduk tegak setelah makan akan memaksa udara ke atas sehingga mudah dikeluarkan dengan bersendawa. Sementara posisi berbaring akan menahan udara di dalam sehingga membuat Anda tidak nyaman.

Konsumsi Biji Adas, Jahe Kering atau Permen jahe

Mengonsumsi biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan dapat membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga dapat meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Nah’ gimana pembahasan yang kami sampaikan tentang penyebab sendawa dan cara pencegahannya, semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Penyebab dan Cara Mengatasi Sendawa