Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Penyakit Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Mulut

Penyakit Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Mulut

Tuesday, October 1st 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut

Penyakit Akibat Tidak Menjaga Kesehatan MulutPenyakit Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Mulut – Menjaga kesehatan adalah hal utama yang penting dilakukan. Salah satunya menjaga Kesehatan mulut. Kesehatan mulut merupakan faktor penting yang harus kita jaga. Sebab kehidupan kita sangat tergantung dengannya. Makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuh pertama diproses melalui mulut sebagai pintu masuk makanan dan minuman kedalam tubuh. Bila tidak dijaga kesehatannya maka akan banyak penyakit yang  dapat menyerang.

Berikut penyakit akibat  kesehatan mulut  yang tidak terjaga, sebagai berikut:

1.Endokarditis

Penyakit endokarditis merupakan penyakit peradangan jantung bagian dalam. Hal ini terjadi akibat munculnya bakteri dalam mulut yang akhirnya saat gusi mengalami pendarahan bakteri terbawa aliran darah ke jantung.

2. Penyumbatan Arteri Jantung

Penyakit ini juga disebabkan oleh bakteri yang dibawa oleh aliran darah hingga mengakibatkan arteri jantung tersumbat dan akhirnya penderita mengalami stroke.

3. Penyakit Periodontal

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang gusi yang ditandai dengan munculnya gingivitis, gusi bengkak, gusi berdarah, dan warna gusi yang merah. Bila dibiarkan akan berdampak pada rusaknya jaringan tulang penyangga pada gigi dan kerusakan jaringan gusi.

4. Penurunan Daya Ingat

Terganggunya kesehatan gigi dan mulut akan menyebabkan penyempitan pembuluh atau penyumbatan arteri ke otak sehingga penderita mengalami demensia akibat bakteri yang menguasai arteri. Penderita menjadi hilang ingatan.

5. Gangguan Kehamilan

Selain itu penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk dapat juga menyebabkan terganggunya kehamilan atau munculnya Penyakit-penyakit yang Disebabkan oleh Kesehatan Mulut yang Buruk ialah gejala gangguan kehamilan seperti sulit terjadinya pembuahan, kelahiran prematur, komplikasi kehamilan akibat serangan bakteri di mulut.

6. Diabetes

Kesehatan mulut yang buruk juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes, akibat kemampuan mengolah gula darah melemah. Lemahnya kemampuan tubuh disebaban oleh iritasi pada mulut akibat serangan bakteri. Sehingga dengan menurunnya kemampuan untuk mengolah gula darah menyebabkan jumlah hormon insulin berkurang.

7. Gangguan Paru

Semakin parahnya gangguan pada mulut dapat memicu munculnya gangguan paru yang lebih serius seperti pneumonia, dan gangguan pernafasan. Situasi ini disebabkan oleh bakteri yang terbawa oleh darah ke paru-paru.

8. Kanker

Kebersihan mulut yang buruk juga menyebabkan timbulnya penyakit kanker di sekitar mulut, kepala, oesofagus dan kanker paru.. Begitupun dengan kebiasaan menggosok gigi, lubang pada gigi dan adanya penyakit periodental.

Itulah penjelasan singkat tentang resiko tidak menjaga kesehatan mulut. Jadi tunggu apalagi, jangan sampai kita menyessal dan terlambat karena jumlah penyakit-penyakit yang disebabkan kesehatan mulut yang buruk begitu banyaknya. Lakukanlah pencegahan dengan menjaga kebersihan mulut anda.

Advertisement
tags: , , , , , , , , , ,

Comment For Penyakit Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Mulut