Home » Perawatan Gigi » Ortodontik » Pengertian Operasi Ortognatik (Rahang)?

Pengertian Operasi Ortognatik (Rahang)?

Monday, December 31st 2012. | Ortodontik, Perawatan Gigi

Operasi Rahang (Ortognatik) adalah prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki tulang rahang. Ini ditunjukkan ketika posisi gigi tidak bertemu secara tepat atau apabila ada Ketidak normalan ukuran rahang, antara rahang atas dengan rahang bawah.

Tujuan dari operasi rahang adalah untuk mengatur posisi gigi agar bertemu dengan tepat antara gigi bagian atas dengan gigi bagian bawah, untuk mengatur Ketidak normalan ukuran antara rahang atas dengan rahang bawah.

Penyebab dari Ketidak normalan Rahang dan Gejalanya

Ketidak normalan rahang dapat diperoleh secara turun-temurun atau dari penyebab perkembangan atau traumatis. Dalam banyak kasus, perbedaan rahang dapat mempengaruhi penampilan bentuk wajah seseorang, kemampuan berbicara dan fungsi mengunyah makanan.

Gejala-gejala yang ditimbulkan akibat ketidak normalan rahang:

  • Ketidak seimbangan pada wajah
  • Dagu yang menonjol atau yang tertarik ke belakang
  • Rahang bawah yang memanjang atau rahang bawah yang pendek
  • Gusi yang tampak secara berlebihan
  • Wajah yang tidak simetris

Keuntungan dari Prosedur operasi Ini

Hubungan dari tulang-tulang rahang akan menjadi harmonis setelah dilakukan operasi sehingga ukuran tulang-tulang rahang yang tidak normal akan menjadi normal, memperbaiki bentuk wajah, Kemampuan berbicara dan fungsi mengunyah akan meningkat.

Apa sajakah yang termasuk dalam prosedur ini?

Gigi diratakan dengan kawat gigi/ortodontik dan operasi rahang kemudian akan dilakukan untuk memperbaiki rahang yang tidak segaris. Ini tidak hanya meningkatkan penampilan wajah, tetapi juga memastikan gigi agar dapat bertemu secara tepat dan berfungsi dengan benar.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Pengertian Operasi Ortognatik (Rahang)?