Home » Kesehatan Gigiku » Pengertian Istilah Four-Handed Dentistry

Pengertian Istilah Four-Handed Dentistry

Friday, May 10th 2013. | Kesehatan Gigiku

Four-Handed DentistryFour-Handed Destistry adalah suatu teknik yang digunakan dalam kedokteran gigi dimana dokter gigi dan perawat gigi secara bersama melakukan tindakan perawatan kepada pasien.

Metode ini dilakukan bertujuan untuk mempercepat proses dan mengurangi kelelahan baik itu untuk pasien dan tenaga kesehatan gigi. Tujuan four-handed dentistry yang lainnya adalah untuk memperpendek waktu perawatan gigi yang diberikan kepada pasien dan meningkatkan kualitas pekerjaan.

Metode ini sangat efektif untuk digunakan, karena transfer alat antara dokter gigi dan perawat gigi bisa lebih cepat, tidak hanya mempercepat tranfer alat tetapi juga mempercepat penyiapan bahan-bahan untuk perawatan. Misalnya pada saat dilakukan penambalan gigi, dokter gigi melakukan reparasi dan setelah reparasi bahan tumpatan bisa langsung diaplikasikan dengan cepat karena sudah dipersiapkan perawat gigi sebagai partnernya.

Patut disadari bahwasannya dalam kasus tertentu misalnya melakukan bedah, seorang dokter gigi tidak akan dapat bekerja sendiri sehingga perlu rekan atau partner kerja, nah posisi perawat gigi inilah yang mendampingi agar perawatan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

Pekerjaan dalam dunia kedokteran gigi bisa dibilang cukup berat, disini dibutuhkan ketelitian dan tenaga sebagai pendukungnya. Coba kita bayangkan jika seorang dokter gigi melakukan pencabutan gigi sehari 10 pasien saja yang dikerjakan sendiri, bisa sakit pasti otot tangannya. Dengan menggunakan metode four handed dentistry dimana didalamnya terjadi kerjasama antara dokter gigi dan perawat gigi maka pekerjaan yang dilakukan jauh lebih ringan.

Strategi yang dapat digunakan untuk melakukan teknik four-handed dentistry agar berjalan efektif menurut saya adalah dokter gigi dan perawat gigi perlu mengembangkan serangkaian sinyal komunikasi verbal dan non-verbal dalam komunikasinya yang disepakati dan dimengerti bersama. Dengan komunikasi yang baik maka apa yang diinginkan dokter gigi dan apa yang diberikan dokter gigi bisa sejalan.

Misalnya ucapan “Tolong ambilkan sonde”, bisa diganti dengan tanda jari telunjuk melengkung, sehingga waktu lebih efektif. Demikianlah sedikit ulasan saya tentang Four-Handed Dentistry, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
tags: , , ,

Comment For Pengertian Istilah Four-Handed Dentistry