Home » Perawatan Gigi » Scaling/Karang Gigi » Pengertian dan Jenis-jenis Karang Gigi

Pengertian dan Jenis-jenis Karang Gigi

Wednesday, May 15th 2013. | Scaling/Karang Gigi

Kalkulus atau karang gigiKalkulus atau biasa disebut Karang Gigi adalah sisa-sisa makanan yang terbentuk dan melekat erat pada permukaan gigi di dalam mulut. Kalkulus adalah dental plak terklasifikasi.

Jenis Kalkulus ada 2 yaitu :

1. Supra Gingival Kalkulus

Supra gingival kalkulus adalah kalkulus yang melekat pada permukaan mahkota gigi mulai dari puncak gingival margin dan dapat dilihat.

Supra gingival kalkulus berwarna putih kekuningan, konsistensinya keras seperti batu clay dan mudah dilepaskan dari permukaan gigi dengan skaler. Warna kalkulus dapat dipengaruhi oleh pigmen sisa makanan atau dari merokok.

Kalkulus supra gingiva dapat terjadi pada satu gigi, sekelompok gigi atau pada seluruh gigi, lebih sering banyak terdapat pada bagian bukal molar rahang atas yang berhadapan dengan ductus Stensen`s pada bagian lingual gigi depan rahang bawah yang berhadapan dengan ductus Wharton`s selain itu pula kalkulus sering banyak terdapat pada gigi yang sering digunakan.

2. Sub Gingival Kalkulus

Sub gingival kalkulus adalah yang berada dibawah batas gingival margin, biasanya pada daerah saku gusi dan tak dapat terlihat pada waktu pemeriksaan. Untuk menentukan lokasi dan perluasannya harus dilakukan probing dengan explorer.

Sub gingival kalkulus biasanya padat dan keras, berwarna coklat tua atau hijau kehitam-hitaman, konsistensinya seperti kepala korek api dan melekat erat kepermukaan gigi.

Demikianlah tentang Pengertian Kalkulus dan Jenis Kalkulus (Karang Gigi), semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
tags: ,

Comment For Pengertian dan Jenis-jenis Karang Gigi