Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Pelajari Struktur Anatomi Gigi

Pelajari Struktur Anatomi Gigi

Saturday, December 29th 2012. | Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gigi terdiri atas dua macam jaringan, ada jaringan keras yang terletak diluar gigi yaitu email gigi dan dentin, serta jaringan lunak yang terletak didalam gigi yaitu pulpa.

Email merupakan jaringan pelindung gigi yang memiliki tekstur keras yang menutupi seluruh permukaan mahkota gigi. Jaringan yang berwarna putih ini merupakan jaringan yang paling keras di dalam tubuh anda, bahkan jaringan ini jauh lebih keras dibanding tulang tubuh anda. Email tidak dapat memiliki kemampuan untuk tumbuh kembali. Sehingga, sekali jaringan ini rusak maka email ngak akan dapat tumbuh kembali seperti semulanya.

Berbeda dengan email, dentin yang lebih berwarna kuning dan memiliki tekstur lebih lunak dibanding email, memiliki kemampuan untuk tumbuh kembali. Namun pertumbuhannya bukan mengarah ke luar permukaan gigi, melainkan ke arah pulpa di dalamnya, sehingga ukuran gigi ngak mungkin akan bertambah besar karena pertumbuhan dentin.

Di dalam dentin terdapat saluran mikroskopis yang biasa disebut sebagai tubulus dentin. Tubulus dentin berisikan cairan dan berjalan dari permukaan rongga pulpa ke arah email dan sementum.

Gigi yang berlubang mengakibatkan permukaan dentin dan tubulusnya akan terbuka. Apabila tubulus dentin yang telah terbuka ini diberi rangsangan seperti rangsang dingin dan panas, makanan manis dan asam, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya pergerakan cairan di dalam tubulus yang akan merangsang saraf di dalam pulpa. Sehingga hal inilah yang akan mengakibatkan gigi berlubang dan terasa linu apabila saat anda memakan dan meminum yang dingin, panas, ataupun manis.

** Bagian yang terletak paling dalam dari gigi biasa disebut pulpa. Bagian pulpa ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dentin. Pulpa merupakan jaringan lunak yang di dalamnya terdapat jaringan ikat, limfe, saraf, dan pembuluh darah.

Limfe, saraf dan pembuluh darah yang masuk ke dalam gigi melalui suatu lubang kecil yang berada di ujung akar gigi yang biasa disebut foramen apikal. Pembuluh darah sangat berperan dalam memberikan nutrisi kepada gigi sehingga gigi akan tetap kuat dan sehat, sedangkan saraf sangat berperan dalam menghantarkan rangsang dari luar gigi ke otak anda sehingga anda dapat tahu kalo ada kerusakan di gigi anda.

Apabila jaringan pulpa kamu mati akibat infeksi dari bakteri yang masuk melalui lubang gigi, maka pembuluh darah ngak akan bisa lagi memberikan nutrisi kepada gigi. Sehingga Gigi pun akan menjadi rapuh dan mudah hancur.

Apabila pulpa telah terinfeksi oleh bakteri, maka seluruh jaringan pulpa harus dibuang agar infeksinya ngak menyebar.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Pelajari Struktur Anatomi Gigi