Home » Kesehatan Anak » Pasta Gigi Pemicu Alergi Pada Anak

Pasta Gigi Pemicu Alergi Pada Anak

Wednesday, May 15th 2013. | Kesehatan Anak

Pasta Gigi Pemicu Anak Terkena AlergiMengapa seorang anak perlu mendapat sorotan dan perhatian khusus dari orang tua…? Karena pada hakikatnya anak-anak sering mengalami keluhan , misalnya perut kembung, bintik-bintik merah di badan, dan bisa juga anak akan mengalami susah makan dan berbagai masalah yang lainnya.

Selain berbagai keluhan diatas, orang tua hendaknya juga perlu memperhatikan masalah kebersihan pada anak. Biasanya untuk menjaga kebersihan anak, orang tua sering menggunakan sabun antibakteri untuk menjaga kebersihan badannya dari kuman-kuman dan pasta gigi untuk kebersihan giginya.

Tetapi tak disangka, ternyata anak-anak yang lebih banyak menggunakan sabun dan pasta gigi anti bakteri justru anak  akan lebih mudah terkena alergi. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa metode  bahan-bahan kimia yang bersifat antibakteri pada sabun  itu justru dapat membuat anak-anak berisiko lebih besar terkena penyakit alergi.

Temuan terbaru ini merupakan studi para peneliti dari Johns Hopkins Children`s Center Germany. Pada dasarnya para peneliti menemukan hubungan antara anak-anak yang terpapar bahan antibateri lewat pasta gigi, obat kumur, sabun dan produk perawatan pribadi lainnya dengan risiko alergi, namun para peneliti tidak menunjuk secara langsung bahwa bahan antibakteri menyebabkan alergi.

Studi yang dilakukan peneliti Johns Hopkins melibatkan 860 anak berusia 6-18 tahun. Disini peneliti mengamati hubungan antara jumlah jumlah produk antibateri dan pengawet dari produk perawatan pribadi yang ditemukan dalam urin anak-anak dengan menggunakan kadar antibodi IgE adalah bahan kimia yang dihasilkan oleh tubuh untuk merespon adanya iritan atau alergen.

Peneliti memfokuskan pada 7 bahan yang diketahui berdampak terhadap fungsi endokrin pada hewan, diantaranya adalah triclosan, bisphenol-A (BPA), benzofenon-3 serta propil, metil, butil dan etil paraben. Triclosan, propil paraben dan butil paraben merupakan satu-satunya bahan kimia yang dikaitkan dengan peningkatan risiko alergi pada anak-anak dan ketiganya memiliki sifat antibakteri.

Hasilnya, peneliti menemukan triclosan dalam sabun, pasta gigi dan obat kumur, peneliti menemukan fakta antara lain :

  1. Anak-anak yang memiliki kadar triclosan tertinggi dalam urinnya juga memiliki kadar antibodi IgE terbesar dari makanan.
  2. Dibandingkan anak-anak yang memiliki kadar triclosan terendah, anak-anak yang memiliki kadar triclosan tertinggi hampir dua kali lipat berisiko terkena alergi lingkungan.
  3. Anak-anak yang memiliki kadar paraben tertinggi paling cenderung memiliki kadar antibodi IgE yang lebih tinggi terhadap serbuk sari, hewan peliharaan dan alergi lingkungan lainnya.
  4. Anak-anak yang memiliki kadar propil paraben tertinggi berisiko alergi terhadap lingkungan hingga dua kali lipat.
  5. Sisi positifnya, tingginya kadar paraben dalam urin tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko alergi terhadap makanan.

Temuan ini menyoroti bahan-bahan antibakteri dari produk-produk perawatan diri yang ternyata berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh anak-anak, ujar peneliti senior Corinne Keet, MD,MS, seorang pakar alergi di Johns Hopkins Children`s Center.

Advertisement
tags: , , ,

Comment For Pasta Gigi Pemicu Alergi Pada Anak