Home » Perawatan Gigi » Gigi Tiruan » Tips Perawatan Pemasangan Gigi Palsu Lepasan

Tips Perawatan Pemasangan Gigi Palsu Lepasan

Thursday, August 7th 2014. | Gigi Tiruan

Gigi PalsuTips Perawatan Pemasangan Gigi Palsu Lepasan – Gigi palsu mempunyai 2 jenis salah satunya jenis gigi palsu lepasan. Jenis gigi palsu ini paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan anak muda hingga kalangan lanjut usia. Alasan mengapa disebut gigi palsu lepasan, karena pemasangan gigi palsu ini tidak bersifat permanen dan mudah untuk dilepas.

Gigi palsu lepasan ini awalnya terbuat dari bahan akrilik. Namun saat sekarang ini, pemakai gigi palsu mulai lebih memilih gigi palsu lepasan yang bagian landasan giginya terbuat dari logam tapi giginya tetap terbuat dari bahan akrilik. Alasannya karena jika gigi palsu lepasan yang landasan giginya terbuat dari logam akan lebih kuat dan tidak mudah patah serta terasa lebih nyaman untuk dipakai dalam mulut.

Keuntungan dan Kekurangan Gigi Palsu Lepasan

Untuk keuntungan dari pemakaian gigi palsu lepasan ini adalah pemasangan gigi palsu lepasan ini sangat mudah untuk di lepas dan di pasang. Namun, dibalik itu gigi palsu lepasan ini juga mempunyai kekurangan yakni dapat menjadi salah satu sumber tempat bakteri berkumpul yang menyebabkan gangguan bagi kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu perlu perawatan yang rutin setiap hari jika Anda ingin melakukan pemasangan gigi palsu lepasan ini.

Ada 2 hal yang perlu Anda ketahui dalam melakukan perawatan gigi palsu lepasan ini, adalah:

Cara Perawatan Gigi Palsu Lepasan

1. Setiap Anda menyikat gigi, maka sebaiknya Anda melepas terlebih dahulu gigi palsu lepasan yang Anda kenakan dan Jangan lupa juga untuk membersihkan gigi palsu Anda.

2. Menggunakan gigi palsu lepasan sebaiknya jangan terlalu lama. Usahakan gigi asli Anda terbebas dari gigi palsu minimal 1 sampai 2 jam dalam setiap hari. Hal ini bertujuan agar gigi dan gusi Anda yang lain dapat bernafas tanpa adanya gigi palsu lepasan.

3. Setiap 5 tahun sekali, pastikan gigi palsu lepasan yang Anda gunakan masih dalam keadaan kondisi yang baik. Karena bisa saja gigi palsu lepasan Anda sudah mulai goyang atau ada kawat yang menusuk jaringan lunak pada permukaan gusi yang dapat menyebabkan gusi berdarah.

Harga Pemasangan Gigi Palsu Lepasan

Untuk harga pemasangan gigi palsu lepasan sendiri itu bergantung pada jasa pembuatan dan pemasangan gigi palsu lepasan. Jika Anda ingin mendapatkan gigi palsu dengan harga murah, sangat disarankan untuk pergi ke jasa ahli pembuatan gigi palsu. Akan tetapi pastikan meski harganya murah kualitas gigi palsu juga bukan murahan. Namun, jika Anda ingin memasang gigi palsu di dokter maka Anda akan mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gigi secara menyeluruh. Jadi, sekarang terserah Anda pilih yang mana.

Nah, itulah ulasan tentang gigi palsu lepasan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memasang gigi palsu.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Tips Perawatan Pemasangan Gigi Palsu Lepasan