Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Oral Kandidiasis (Infeksi Mulut)

Oral Kandidiasis (Infeksi Mulut)

Tuesday, August 13th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Perawatan Gigi

Oral KandidiasisOral candidiasis atau biasa disebut dengan sariawan adalah infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur Candida yang melengket pada selaput lendir di mulut. Gejala dari oral candidiasis ini adalah munculnya bintik kuning, putih atau krem di dalam mulut dan di bagian lidah. Di bawah keputihan tersebut, terdapat jaringan merah yang dapat berdarah dengan mudah. Penyakit mulut ini sangat mudah tejadi pada bayi yang baru lahir, seseorang yang menggunakan gigi palsu, penderita diabetes, pengguna narkoba, dan seseorang dengan defisiensi imun, seperti pengidap HIV/AIDS.

Jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik (misalnya terjangkit HIV/AIDS atau dalam proses pegobatan dengan kemoterapi), sebaiknya anda berhati-hati karena penyakit Candida ini dapat dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya infeksi di kerongkongan, otak, jantung, sendi dan juga mata.

Oral candidiasis dapat membuat mulut anda menjadi sangat sensitive terhadap sentuhan, sehingga tidak mungkin untuk melakukan kebersihan mulut secara teratur. Gunakan sikat gigi yang sangat lembut dan obat kumur yang mengandung antiseptik untuk menghilangkan bakteri mulut.

Oral kandidiasis dapat diobati dengan obat topikal anti jamur, seperti nistatin, miconazole, violet gentian atau terapi amfoterisin B. Minum antibiotik, yogurt atau kapsul acidophilus dapat membantu untuk menghilangkannya. Jika infeksi telah menyebar ke seluruh tubuh atau Anda mengidap HIV/AIDS, sangat dianjurkan untuk menggunakan obat yang mengandung flukonazol (Diflucan) dan ketoconazole (Nizoral).

Sedangkan oral candidiasis pada bayi kadang tidak memerlukan pengobatan sama sekali, karena biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu.

Untuk mencegah sariawan yang Anda derita semakin memburuk, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter ketika :

  • Bayi Anda memiliki gejala sariawan selama kurang lebih 2 minggu ataupun ketika bayi Anda menjadi susah makan atau menangis ketika diberi makan.
  • Anda merasakan sakit atau kesulitan saat menelan makanan.
  • Anda memiliki gejala sariawan dan Anda penderita HIV-positif, dalam proses kemoterapi, atau sedang mengkonsumsi obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain dengan menghubungi dokter Anda juga bisa melakukan hal berikut untuk mencegah oral candidiasis muncul :

  • Gunakanlah obat kumur yang mengandung anti septik dan jamur secara teratur.
  • Mencegah penyebaran infeksi HIV, dengan melakukan seks yang aman, berhati-hati ketika melakukan donor darah, dsb.
  • Pada bayi, Anda dapat mencegahnya dengan memberikan obat ati jamur dan selalu mensterilkan dot ketika aka digunakan.
Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Oral Kandidiasis (Infeksi Mulut)