Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Obat Dan Kesehatan Gigi

Obat Dan Kesehatan Gigi

Obat Dan Kesehatan GigiObat Dan Kesehatan Gigi  – Obat generik merupakan obat yang selain dapat menyembuhkan juga memiliki efek samping bagi kesehatan, mulai dari jenis obat yang ringan hingga berat. Penggunaan beberapa jenis obat ternyata dapat memberikan  efek samping terhadap organ mulut, misalnya gigi akan rusak dan infeksi pada gusi.

Berikut beberapa jenis obat generic yang dapat mempengaruhi kesehatan rongga mulut.

1. Metamfetamin. Metamfitamin merupakan salah satu obat generic yang masuk ke dalam kelas amfetamin. Obat ini  dapat memberikan efek penenang pada pasien, dan biasa digunakan sebagai obat untuk  penderita obesitas dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). ADHD adalah penyakit yang biasanya terjadi pada anak-anak, yang disebabkan karena adanya gangguan perkembangan otot motorik pada anak. Anak yang menderita gangguan ini ditandai dengan perilaku atau aktifitas anak yang tidak umum dan cenderung berlebihan seperti tidak dapat duduk tenang, gelisah, senang mengganggu, dan meledak-ledak seperti berteriak.

Metamfitamin merupakan obat kimia yang menyebabkan terjadinya korosi pada gigi, akibatnya gigi akan mengalami peluruhan, pembusukan, dan menghitam kemudian dapat menimbulkan lubang pada gigi. Selain itu obat ini juga menyebabkan berkurangnya pasokan darah ke pembuluh darah di gusi, akibatnya gusi bengkak dan akan menyebabkan jaringan gusi menjadi mati jika berlangsung lama. Terlebih lagi obat ini memiliki efek candu bagi penggunanya, dalam dosis tertentu dapat menimbulkan resiko yang berat maka dari itu obat ini masuk sebagai salah satu obat berbahaya yang pemggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

2. Amoxicillin.  Amoxicillin adalah golongan antibiotika, obat ini merupakan salah satu jenis antibiotik yang paling banyak diresepkan oleh para dokter. Penggunaan obat ini pada bayi ternyata dapat mempengaruhi pertumbuhan giginya kelak. Pada tahun 2005, Archieves of Pediatric and Adolescent Medicine mempublikasikan hasil penelitian bahwa obat amoxicillin sangat berkontribusi dalam terjadinya gigi rusak permanen. Terbukti bahwa bayi yang mengkonsumsi antibiotik ini dapat mengalami kerusakkan pada enamel gigi permanen mereka kelak. Obat ini menyebabkan munculnya fluorosis gigi, yaitu keroposnya lapisan email gigi serta perubahan warna gigi permanen menjadi kuning atau kecoklatan.

3. Aspirin atau asetaminofen. Aspirin merupakan obat yang bekerja sebagai analgesik atau penghilang nyeri, antipiretik atau penurun demam, dan anti inflammatori atau anti radang. Obat ini telah lama digunakan dalam jumlah yang banyak oleh manusia, National Academy of Sciences of the United States of America mencatat bahwa aspirin digunakan sebanyak 40.000 ton setiap tahun, atau setara dengan 120 juta tablet. Penggunaan aspirin dapat mempengaruhi gigi, terutama jika penggunaannya dengan cara dikunyah. Journal of the American Dental Association memberitakan bahwa kontak langsung antara gigi dan tablet aspirin dapat menyebabkan pengikisan, karena aspirin bersifat asam. Hal ini berdasarkan pengamatan terhadap beberapa orang yang mengkonsumsi aspirin menunjukkan adanya gigi rusak karena terkikis bahkan hancur.

4. Angiotensin Converting Enzyme Inhibitor. Obat jenis ini merupakan obat yang banyak digunakan oleh orang untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, contohnya Captopril. Akan tetapi obat ini memiliki efek samping , Salah satu efek samping yang muncul dapat berupa penyakit mulut, seperti rasa terbakar dan distorsi pengecapan.

5. Antihistamin. Antihistamin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi keluhan alergi, seperti hidung berair, juga pada beberapa sakit nyeri perut. Penggunaan obat ini ternyata dapat menimbulkan beberapa efek samping, salah satunya kekeringan pada mulut. Hal ini dikarenakan obat ini dapat memicu penurunan produksi air liur dalam mulut, padahal air liur diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan mulut. Akibatnya mulut menjadi kering dan rentan terhadap munculnya penyakit mulut, seperti infeksi gusi yang ditunjukkan dengan gejala nyeri, memerah dan gusi bengkak.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan tentang jenis obat yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut, semoga bermanfaat.

Advertisement

Comment For Obat Dan Kesehatan Gigi