Home » Kesehatan Gigiku » Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Friday, January 4th 2013. | Kesehatan Gigiku

Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – Mulut bersih merupakan idaman banyak orang karena mulut yang bersih memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat membuat napas lebih segar dan tidak berbau, mulut terlindung dari berbagai bakteri yang dapat membuat mulut jadi bau, dan yang pasti juga dapat membuat kita percaya diri ketika berbicara kepada orang lain. Dengan napas yang segar kita pun akan merasa lebih percaya diri dan nyaman saat berada di dekat orang lain, tanpa perlu  khawatir  orang  yang ada di dekat anda akan mencium bau mulut Anda.

Kesehatan Mulut adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kesehatan rongga mulut. Ini termasuk kesehtan gigi, gusi dan lidah. Kesehatan mulut yang buruk disebabkan oleh luka, infeksi jamur, sariawan, sindrom mulut kering dan kanker mulut.

Namun, terkadang penyebab utama kesehatan mulut yang buruk bukanlah disebabkan oleh berbagai penyakit yang berat melainkan banyak disebabkan oleh pola kebersihan mulut yang tidak terjaga, sehingga kebersihan mulut yang tidak terjaga ini pada gilirannya akan menyebabkan kesehatan mulut akan lebih parah lagi.

Nutrisi baik  yang sering dikonsumsi  akan  membuat tubuh kita sehat dan juga akan menjaga kesehatan mulut kita, sehingga akan melindungi mulut dari bakteri yang dapat merusak  kesehatan mulut.  Kekurangan mengkonsumsi Vitamin A dapat mengakibatkan gusi menjadi bengkak, gusi menjadi berdarah dan berbagai penyakit gusi lainnya.  Orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Kalsium dan Vitamin D akan membantu menjaga kesehatan gigi agar gigi menjadi kuat. Karena didalam Kalsium dan Vitamin D terdapat zat diantaranya Seng, Besi, Yodium dan Kalium yang merupakan mineral yang sangat penting  untuk menjaga kesehatan mulut.

Makanan Yang Boleh Dimakan Dan Yang Harus Dihindari.

Makanan Apa saja yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda pasti akan memberi efek pada kesehatan mulut dan kesehatan gigi Anda. Didalam makanan yang anda konsumsi terdapat berbagai jenis  nutrisi yang akan mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi anda. Makanan yang kaya  akan kalsium dan fosfor sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi Anda dan Makanan yang kaya zat omega-3 dan asam lemak juga akan membantu untuk meningkatkan kesehatan mulut Anda. Makanan dan minuman yang anda konsumsi akan meningkatkan produksi air liur yang baik untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Air liur bekerja secara alami untuk menetralkan asam guna melindungi kerusakan dan pembusukan pada gigi. Selain itu juga membantu membersihkan partikel makanan kecil yang menempel di gigi Anda.

Sedangkan semua jenis makanan yang manis hendaklah harus dihindari guna menjaga  kesehatan mulut serta mencegah kerusakan pada gigi.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut