Home » Tips Hidup Sehat » Mitos Minum Susu Dapat Merusak Gigi

Mitos Minum Susu Dapat Merusak Gigi

Thursday, August 29th 2013. | Tips Hidup Sehat

Mitos Minum Susu Dapat Merusak GigiMitos Minum Susu Dapat Merusak Gigi – Susu adalah minuman yang dianjurkan oleh nabi untuk dikonsumsi setiap hari. Karena susu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, belakangan ini saya mendengar bahwa susu dituduh sebagai penyebab tejadinya kerusakan pada gigi. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum susu bukan penyebab terjadinya kerusakan pada gigi melainkan obat yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Hal ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang gemar mengonsumsi susu sebagai makanan pendamping sarapan pagi anda.

Penelitian yang dilakukan University of Illinois di Chicago College of Dentistry menunjukkan bahwa minum susu setelah makan sereal atau sarapan manis dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Ketika anda  memakan makanan yang mengandung tepung, misalnya sereal manis, maka bakteri dalam plak permukaan gigi akan menghasilkan asam.

Asam itulah yang pada akhirnya dapat merusak gigi. Laporan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan berkarbohidrat hingga empat kali sehari dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Tidak hanya makanan yang manis saja yang dapat merusak gigi, melainkan makanan yang berkarbohidrat pun dapat memicu kerusakan pada gigi karena karbohidrat (walaupun tidak manis) tetap memiliki kandungan gula didalamnya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi susu setelah makan hidangan berkarbohidrat atau manis dapat mengurangi produksi asam pada mulut. Minuman lain berupa jus juga baik, tetapi tambahan gula di dalamnya dapat semakin memperparah kondisi asam dan merusak gigi.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Mitos Minum Susu Dapat Merusak Gigi