Home » Perawatan Gigi » Gigi Berlubang » Manfaat Tambal Gigi Berlubang Bagi Kesehatan

Manfaat Tambal Gigi Berlubang Bagi Kesehatan

Manfaat Tambal Gigi Berlubang Bagi KesehatanManfaat Tambal Gigi Berlubang Bagi Kesehatan – Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang seringkali dianggap remeh oleh masyarakat di Indonesia. Gigi yang memiliki lubang kecil, hanya berupa sebuah titik hitam kecil di gigi seringkali dianggap bukan suatu masalah besar. Sehingga tidak perlu dilakukan perawatan khusus seperti menambal gigi. Apakah benarkah demikian?

Manfaat Tambal Gigi Berlubang Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa gigi berlubang perlu segera di tambal, diantaranya:

Semakin kecil lubang gigi semakin mudah diperbaiki

Gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri yang berkembang biak di dalam mulut yang membuat gigi menjadi rapuh dan menyebabkan gigi berlubang. Semakin kecil lubang pada gigi maka semakin sedikit jumlah bakteri yang terdapat didalamnya. Sehingga semakin besar pula kemungkinan untuk mempertahankan gigi asli. Gigi asli tetaplah yang terbaik dan pantas untuk dipertahankan.

Lubang kecil dapat membesar dengan cepat

Lubang gigi yang tampak kecil tidak boleh kita anggap remeh karena lama-kelamaan akan membesar. Ada berbagai jenis bakteri mulut yang membuat gigi berlubang. Ada jenis bakteri yang berkembang sangat lambat dan ada juga yang perkembangannya sangat cepat. Sehingga lubang gigi yang tampak pada permukaan gigi tidak selamanya mewakili kondisi asli gigi kita, karena seringkali lubang yang tampak kecil justru ternyata telah menjadi besar di dalam gigi tanpa kita sadari. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan fenomena “gigi keropos” dimana gigi kita akan tiba-tiba pecah tanpa kita sadari.

Sakit gigi dapat menghancurkan hidup kita

Sakit gigi dapat menimbulkan berbagai masalah yang membuat kita tidak nyaman, seperti tidak enak makan, berbicara kurang nyaman, badan lemas, kepala terasa sakit tak karuan, dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu, akan lebih baik kita mencegahnya daripada merasakannya bukan?. Lubang kecil pada gigi dapat berubah menjadi monster yang menakutkan dalam waktu sekejap, melakukan perawatan pada lubang gigi sedini mungkin sama dengan mencegah kita untuk menjadi korban sakit gigi.

Menambal lubang kecil jauh lebih murah daripada memperbaikinya saat sudah parah

Untuk melakukan penambal gigi berlubang, maka dokter umumnya perlu untuk mengambil sebagian jaringan gigi yang masih sehat disekitar lubang. Sehingga banyak sedikitnya jaringan gigi yang sehat diambil bergantung besar lubangnya gigi. Ini juga berarti bahwa waktu kunjungan dan rasa tidak nyaman saat melakukan perawatan gigi semakin berkurang ditentukan lubang gigi. Menambal gigi sebelum lubang gigi begitu parah juga berarti memperkecil kemungkinan gigi dapat berlubang kembali.

Bahan tambal gigi kini sudah semakin baik

Apakah anda takut jika gigi Anda terlihat jelek setelah ditambal? jika iya, maka saat ini Anda tidak perlu lagi takut karena jenis bahan tambal gigi saat ini sudah berkembang. Bahkan yang sekarang populer adalah tambalan yang sewarna gigi yang artinya orang lain atau bahkan anda sendiri tidak akan menyadari bahwa gigi Anda telah di tambal sebelumnya. Perlu di ingat, semakin kecil lubang gigi maka jenis tambalan yang dapat Anda pilih menjadi semakin bervariasi, banyak pilihan, dan tentunya mengeluarkan biaya yang semakin terjangkau.

Ingatlah, gigi yang sehat dapat menjadi sumber hidup yang sempurna. Rawatlah gigi Anda setiap hari dan rutin melakukan kontrol kesehatan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk di share ke teman Anda.

Semoga Bermanfaat..!!

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Manfaat Tambal Gigi Berlubang Bagi Kesehatan