Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Manfaat Siwak Untuk Gigi Sehat

Manfaat Siwak Untuk Gigi Sehat

Saturday, August 31st 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Perawatan Gigi

Manfaat Siwak Untuk Gigi SehatManfaat Siwak Untuk Gigi Sehat - Siwak adalah alat yang digunakan pada zaman dahulu  oleh Nabi Muhammad SAW untuk Menyikat Gigi. sifatnya yang basah dan berserat sehingga memudahkan untuk membersihkan gigi, seperti  halnya sikat gigi zaman sekarang ini. Uniknya pengunaan siwak ini tidak memerlukan pasta gigi dalam penggunaannya.

Di sini kita akan membahas manfaat  dari siwak Dan kandungan apa saja di dalam siwak yang bisa mempengaruhi kondisi rongga mulut kita .

Manfaat Siwak ?

Penelitian modern yang dilakukan di Universitas Rostock, Jerman mengungkapkan bahwa didalam  siwak terdapat suatu zat yang dapat melawan pembusukan, membantu membunuh kuman, memutihkan gigi, melindungi gigi dari kerapuhan, bekerja membantu merekatkan luka gusi dan melindungi mulut serta gigi dari berbagai penyakit.

Selain efek-efek higienis, siwak juga menstimulasi BAS (Biologically Active Spots = Titik Aktif Biologis) yang terletak di antara gigi dan gusi. Titik-titik ini mengatur enam organ (telinga, mata, hidung, lidah, dan oesophagus (saluran makanan dari mulut ke perut), tiga pasang cells (wedge shaped, rahang atas, ethmoid), sinus, sendi temporal rahang bawah, dan 28 saraf tulang belakang yang mengatur fungsi-fungsi secara praktis semua organ, otot, dan sendi pada ekstremitas atas dan bawah.

Kandungan Kimia Batang Kayu Siwak.

Hasil penelitian oleh Al-Lafi dan Ababneh (1995) terhadap kayu siwak menunjukkan bahwa siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plaque, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

kandungan kimiawi yang bermanfaat dalam siwak:

  • Antibacterial acids, seperti astringents, abrasive dan detergents yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids tersebut.
  • Kandungan kimia, seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.
  • Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap.
  • Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara premature.
  • Anti decay agent (Zat anti pembusukan), yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.
Advertisement
tags: , , , , , , ,

Comment For Manfaat Siwak Untuk Gigi Sehat