Home » Kesehatan Gigiku » Manfaat Relaksasi Bagi Kesehatan Gigi

Manfaat Relaksasi Bagi Kesehatan Gigi

Saturday, December 14th 2013. | Kesehatan Gigiku, Kesehatan Umum, Tips Kesehatan

Manfaat Relaksasi Bagi Kesehatan GigiManfaat Relaksasi Bagi Kesehatan Gigi  – Sakit gigi bukanlah sakit yang main-main meskipun seringkali dianggap sepele dan tidak menyebabkan kematian. Akan tetapi salah satu penyakit gigi yang sering dialami oleh kebanyakan orang ialah radang sendi rahang atau dalam istilah kedokteran gigi biasa disebut gangguan tempomandibular. Beberapa pasien yang menderita penyakit  ini sering merasakan sakit yang amat sangat pada rahang dan gigi.

Dari hasil pemeriksaan beberapa dokter gigi menyebutkan  bahwa gigi  orang yang mengalami radang sendi rahang pada hakikatnya gigi mereka tidak mempunyai lubang, menlainkan penyakit ini merupakan salah satu model penyakit gigi yang paling populer.  Salah satu metode yang tepat dan mudah untuk dilaksanakan agar dapat menghindari radang pada sendi rahang ini ialah dengan melakukan relaksasi. Dengan relaksasi, otot pada rahang akan terhindar dari ‘tekanan’ yang berlebihan yang mungkin melebihi kapasitas otot.

Pada umumnya, gangguan kesehatan gigi dengan tipe seperti ini lebih banyak di alami orang dikarenakan kurangnya kita melakukan relaksasi pada otot rahang yang ada dalam mulut. Jika ini berlanjut terus – menerus, maka tak menuntut kemungkinan kesehatan gigi dan rahang anda akan terancam. Secara tidak sadar, otot pada rahang kita terlalu banyak berkontraksi. Otot rahang akan berkontraksi pada saat kita berbicara, menguyah makanan, dan bahkan ketika kita menguap. Kita terkadang lupa bahwa seperti halnya otot dibagian tubuh yang lain, otot rahang juga memerlukan istirahat. Kontraksi yang terlalu banyak pada rahang akan membawa kita pada akibat yang jelas, seperti sakit gigi. Jika sakit ini berlanjut dan kita masih tidak mencoba mengistirahatkan otot rahang kita, kita mungkin akan mengalami dislokasi rahang, semisal kita menguap berlebihan.

Dengan peregangan otot rahang yang tepat, anda dapat  menghindari sakit gigi karena gangguan temporomandibular ini. Anda bisa melakukannya sambil bercermin serta melakukan gerakan-gerakan mulut yang bisa meregangkan otot rahang anda. Para dokter gigi menganjurkan kita untuk melakukan peregangan otot dengan beberapa metode pernafasan khusus yang mereka bisa ajarkan pada kita.

Selain itu, langkah mudah yang bisa kita lakukan adalah menghindari kontraksi otot rahang yang berlebihan seperti mengunyah makanan yang terlalu alot dan keras. Kita juga menghindari proses menguap yang terlalu lebar. Sakit gigi yang anda alami karena gangguan otot rahang ini bisa berakibat melesetnya otot rahang anda, jadi istirahatkan otot rahang anda dari kontraksi yang terlalu sering, apalagi berlebihan.

Advertisement
tags: , , , , , , , , , ,

Comment For Manfaat Relaksasi Bagi Kesehatan Gigi