Home » Perawatan Gigi » Gigi Tiruan » Manfaat Dan Kegunaan Menggunakan Gigi Palsu

Manfaat Dan Kegunaan Menggunakan Gigi Palsu

Tuesday, August 12th 2014. | Gigi Tiruan, Kesehatan Gigi Dan Mulut

Manfaat Dan Kegunaan Menggunakan Gigi PalsuManfaat Dan Kegunaan Menggunakan Gigi Palsu – Gigi tanggal atau hilang seringkali menimbulkan permasalahan tersendiri bagi pemiliknya. Selain rasa tidak nyaman saat menguyah makanan, pemilik gigi juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan gigi palsu sebagai pengganti gigi yang tanggal, walaupun mungkin biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit. Selain itu, ada beberapa fungsi pemakaian gigi palsu sabagai pengganti gigi asli yang tanggal.

Berikut ini beberapa Fungsi Pemakaian Gigi Palsu , diantaranya:

Mastikasi. Fungsi dari mastikasi adalah sebagai penghancur makanan dengan melalui pengunyahan makanan secara mekanik yang menggantikan fungsi dan peran gigi asli.

Fonasi. Fungsi fonasi adalah untuk mengembalikan pelafalan atau pengucapan kata-kata atau huruf yang menimbulkan adanya perubahan bunyi sebagai akibat gigi yang tanggal, sehingga nada bicara akan kembali normal.

Estetika. Fungsi estetika atau keindahan yang berkaitan dengan penampilan tubuh secara keseluruhan, sehingga penampilan akan menjadi tambah menarik dengan pemakaian gigi palsu saat gigi asli telah tanggal, terutama pada gigi bagian depan yang tidak akan tampak menarik jika dibiarkan tanggal atau ompong.

Kesehatan. Kondisi kesehatan jaringan rongga gigi akan selalu terjaga dengan baik dibandingkan jika rongga gigi dibiarkan ompong. Rongga gigi yang dibiarkan ompong akan menimbulkan masalah bagi gigi dan mulut seperti mulut akan berbau tidak sedap akibat adanya penumpukan bakteri pada ronga gigi yang ompong hingga dapat berpengaruh pada perubahan posisi gigi pada jangka panjang.

Percaya Diri. Rasa kepercayaan diri akan tumbuh dan meningkat seiring dengan dilakukannya perawatan penampilan gigi, sehingga memudahkan untuk bersosialisasi dengan masyarakat.

Awet Muda. Rongga gigi yang terbuka sebagai akibat tanggalnya gigi asli akan membuat otot pada wajah nampak kendur karena tidak adanya bantuan topangan dari gigi asli maupun gigi palsu. Akibatnya, wajah akan menjadi terlihat lebih tua.

Stabilitas. Struktur rongga mulut akan tetap dalam kondisi stabil. Pada bagian gigi yang tanggal atau hilang biasanya gigi yang berada di sebelahnya atau berlawanan dengan posisi gigi yang tanggal tersebut akan mengalami perubahan posisi yang menyebabkan gigi menjadi miring. Bila pergerakan gigi tersebut terjadi, maka susunan gigi akan menjadi tidak teratur dan dapat menimbulkan masalah lain, seperti radang gusi.

Pencegah Sakit Kepala. Pada sebagian orang, proses mengunyah makanan yang terganggu karena adanya gigi yang tanggal dapat memicu sakit kepala. Hal ini dipicu karena terjadinya gangguan pada otot rahang, otot wajah dan temporo mandibular joint atau sendi TMJ yang berhubungan dengan kontak gigi geligi.

Nah, mungkin demikian beberapa ulasan tentang manfaat pemakaian gigi palsu untuk menggantikan gigi asli yang telah tanggal atau mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Manfaat Dan Kegunaan Menggunakan Gigi Palsu