Home » Obat Herbal Alami » Khasiat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Khasiat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Sunday, August 25th 2013. | Obat Herbal Alami

Khasiat Teh Hitam Untuk Kesehatan Khasiat Teh hitam Untuk Kesehatan  – Teh hitam adalah teh yang pada umumnya diminum oleh semua kalangan. Tanpa banyak dari mereka yang belum mengetahui tentang khasiat teh hitam untuk kesehatan tubuh, teh hitam sangat laris untuk dikonsumsi sebagai minuman sajian sehari-hari.  Agar tak hanya nikmatnya saja yang dapat diperoleh, sudah saatnya sekarang kita mengetahui khasiat dari teh tersebut bagi kesehatan tubuh. Apa saja khasiat teh hitam untuk kesehatan? Yuk kita baca semuanya dalam uraian berikut ini.

Menyehatkan sistem kardiovaskuler. Teh hitam yang terkenal akan kaya antioksidan, seperti zat flavonoid. Zat yang satu ini terbukti mampu mengoksidasi kolesterol LDL (low density lipoprotein). Dengan bantuan zat ini kita akan terhindar dari kerusakan saluran sel darah, kerusakan dinding pada arteri, serta terhindar dari gejala penyakit jantung dan stroke. Polifenol yang terkandung dalam teh hitam juga merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh. Mineral mangan di dalam teh juga mampu menurunkan risiko terkena gejala penyakit jantung koroner .

Menyehatkan kulit dan rambut. Antioksidan yang terdapat di dalam teh hitam mampu mencegah tejadinya plek hitam dan jerawat tumbuh di atas permukaan kulit. Jika terjadi peradangan akibat infeksi bakteri, antioksidan ini mampu memberikan perlawanan.

Menyehatkan tulang dan jaringan penghubung. Di banyak penelitian sudah terbukti bahwa zat fitokimia di dalam teh hitam mampu membuat tulang dan jaringan penghubung yang kuat di dalam tubuh peminum kopi.

Menyehatkan organ-organ sistem pencernaan. Zat tannin yang ada di dalam teh hitam mempunyai efek terapeutik pada lambung dan juga usus. Orang Cina sudah menggunakan ini sejak lama. Zat tannin mampu menyembuhkan diare. Sedangkan polifenol mampu mengobati dan mencegah penyakit radang usus.

Menyehatkan otak dan sistem saraf. Kafein di dalam kopi jika dalam jumlah kecil mampu membuat darah mengalir ke otak tanpa merangsang jantung. Sedangkan jika dalam jumlah banyak, kafein ini akan membuat otak kurang focus. Berbeda dengan hal itu, kafein di dalam teh beserta asam amino L-teaninnya mampu membuat otak dan tubuh tetap konsentrasi penuh sekali pun dalam jumlah yang banyak. Tak hanya itu, kafein teh hitam juga meningkatkan daya ingat (memori) otak. Selain itu, teh hitam juga menunjukan efek penurunan hormon stres (kortisol) jika diminum secara teratur.

Meningkatkan energi tubuh. Di sini, kafein yang ada di dalam teh hitam mampu merangsang produksi energi yang efektif dari suatu metabolisme. Zat yang merangsangnya hanya ada di dalam teh hitam. Namanya teofilin. Di dalam tubuh, teofilin menjaga banyak sistem metabolism agar selalu bekerja optimal. Misalnya dalam sistem respirasi dan sistem kardioaskuler.

Meningkatkkan kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Di sini, polifenol dan tannin dari teh hitam mampu menghalau bakteri penyebab plak dan juga radang. Tak hanya itu saja, zat-zat tersebut juga mampu menurunkan risiko kanker mulut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa dibuktikan dengan lebih tahannya peminum teh terhadap penyakit flu, disentri, dan juga hepatitis. Katekin serta alkilamin di dalam teh hitam berperan di dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh ini.

Itulah di antaranya khasiat dibalik teh hitam untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsi minuman yang satu ini secara teratur. Semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Khasiat Teh Hitam Untuk Kesehatan