Home » Perawatan Gigi » Gigi Berlubang » Kenali Penyebab Terjadinya Gigi Keropos

Kenali Penyebab Terjadinya Gigi Keropos

Saturday, October 5th 2013. | Gigi Berlubang, Penyakit Gigi

Penyebab Gigi Menjadi KeroposKenali Penyebab Terjadinya Gigi Keropos – Gigi merupakan bagian awal dari saluran pencernaan, sehingga merawat kesehatan gigi sangatlah penting agar proses pencernaan kita dapat berjalan dengan sempurna. Salah satu hal yang harus dicegah dalam perawatan gigi ialah gigi yang keropos. Salah satu penyebab gigi menjadi keropos adalah makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Namun, Apa saja makanan dan minuman penyebab gigi keropos?

Gigi keropos (Erosi gigi) merupakan kelanjutan dari gigi berlubang atau caries yang tidak segera ditangani. Salah satu penyebab gigi berlubang adalah paparan gigi terhadap senyawa asam, yang berasal dari makanan maupun minuman. Senyawa asam ini dapat melarutkan lapisan enamel dan dentin pada gigi, sehingga terbentuk lubang pada permukaan gigi. Jika kerusakan pada gigi ini tidak segera untuk diatasi, maka lubang gigi yang terbentuk akan semakin besar sehingga dapat menyebabkan gigi menjadi keropos.

Ada dua jenis makanan dan minuman penyebab gigi keropos, diantaranya:

Jenis makanan yang pertama adalah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti, sereal, susu, buah-buahan, kue, atau permen. Jika sisa makanan yang mengandung karbohidrat masih tersisa pada permukaan gigi, maka makanan ini akan membentuk plak. Bakteri yang terdapat pada mulut akan mencerna karbohidrat tersebut dan mengubahnya menjadi asam. Produk asam inilah yang kemudian melarutkan lapisan enamel dan dentin, yang berpotensi membentuk caries, yang jika tidak segera ditangani akan menyebabkan gigi keropos.

Jenis yang kedua adalah minuman yang bersifat asam, seperti minuman bersoda, jus buah yang asam, atau minuman energi. Mengonsumsi makanan atau minuman yang asam akan menyebabkan kondisi mulut asam (pH rendah), sehingga dapat menyebabkan demineralisasi gigi, yang dapat memicu terjadinya erosi gigi.

Setelah mengenal makanan dan minuman penyebab gigi keropos, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap gigi keropos. Batasi konsumsi makanan berkarbohidrat olahan dan minuman asam, terutama di luar waktu makan normal. Perbanyak konsumsi air putih, agar produksi ludah sebagai pembersih alami gigi lebih banyak, serta untuk menetralkan kondisi rongga mulut agar tidak asam. Selain itu, rajinlah membersihkan gigi dengan sikat gigi dan benang gigi, Jangan lupa untuk pergi ke dokter gigi secara teratur untuk memantau kondisi gigi Anda, serta untuk melakukan perawatan apabila ditemukan gigi yang berlubang atau gigi keropos.

Advertisement
tags: , , , , , , , , , , ,

Comment For Kenali Penyebab Terjadinya Gigi Keropos