Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Kenali Penyebab Bau Mulut Dan Pencegahannya

Kenali Penyebab Bau Mulut Dan Pencegahannya

Wednesday, May 8th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut

Penyebab Bau MulutKenali Penyebab Bau Mulut Dan Pencegahannya – Hal itu karena bau mulut adalah salah satu penyebab kurangnya kepercayaan diri seseorang yang mengalaminya. Sebelum membahas ke cara mengatasinya, saya ingin bahas mengenai penyebab bau mulut itu sendiri. Selain karena faktor gigi berlubang, bau mulut juga bisa disebabkan oleh mulut kering karena kurang enzim.

Penyebab gigi berlubang sendiri banyak sekali faktornya, mulai dari faktor makanan hingga lupa menyikat gigi sebelum tidur. Gigi berlubang juga bisa disebabkan karena minuman yang banyak mengandung soda dan juga minuman manis yang dapat menyebabkan kuman berkembang biak di selah-selah gigi. Jika sudah terlanjur memiliki gigi berlubang, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menambal gigi yang sudah berlubang sebelum semakin parah.

Nah, jika sudah mengetahui penyebab bau mulut yang Anda alami, maka selanjutnya adalah cara mengatasinya. Salah satu hal sederhana bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi bau mulut Anda adalah dengan sikat gigi minimal 2 kali sehari. Dengan rajin sikat gigi, kemungkinan kuman berkembang dalam mulut Anda semakin kecil. Untuk Anda yang bau mulut karena mulut Anda kering, Anda bisa gosok gigi menggunakan pasta gigi yang banyak mengandung enzim.

Jangan sembarangan menggunakan pasta gigi karena rata-rata pasta gigi mengandung deterjen yang justru membuat mulut Anda semakin kering. Cari pasta gigi yang tidak mengandung deterjen dan mengandung kolostrum yang berfungsi untuk membantu melembabkan mulut Anda agar kuman tidak mudah berkembang biak. Untuk mendapatkan pasta gigi yang bisa melembabkan mulut Anda, saat ini sudah banyak di jual di supermarket maupun indomart.

Selain karena gigi berlubang, penyebab bau mulut bisa juga karena timbunan karang gigi yang sudah lama tidak Anda bersihkan. Selain itu, permukaan lidah juga dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Cara mengatasinya adalah sering-seringlah membersihkan permukaan lidah dan karang gigi Anda ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Hal ini sangat baik untuk menjaga agar gigi Anda tetap bersih dari karang gigi yang justru merupakan salah satu penyebab bau mulut.

Yang terakhir adalah sering mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C sendiri berfungsi untuk mengobati sariawan dan luka yang terjadi akibat menurunnya daya tahan tubuh yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Itulah sedikit ulasan mengenai penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami bau mulut akibat gigi berlubang maupun karena mulut kering.

Advertisement
tags: , , , , , ,

Comment For Kenali Penyebab Bau Mulut Dan Pencegahannya