Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Makanan yang Dapat Merusak Gigi Sehat

Makanan yang Dapat Merusak Gigi Sehat

Saturday, August 16th 2014. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Kesehatan Umum

Makanan yang Dapat Merusak Gigi SehatMakanan yang Dapat Merusak Gigi Sehat – Mempunyai gigi sehat, putih dan juga bersih adalah suatu idaman bagi setiap orang. Apalagi hal itu dapat menunjang penampilan mereka agar terlihat menarik. Sehingga saat ini tidak heran jika banyak orang melakukan perawatan gigi, dengan menyikatnya sesering mungkin. Memang hal ini sangat bagus untuk dilakukan, tetapi akan jauh lebih baik jika menyikat gigi dilakukan setelah habis makan dan sebelum tidur.

Apakah anda pernah mengalami gigi berlubang? , Terus Apa yang menyebabkan hal itu dapat terjadi?. Faktor utama yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan berlubang adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung kalori tinggi. Bakteri yang dihasilkan oleh makanan dan minuman tersebut kemudian akan tertinggal didalam rongga mulut dan akan menghasilkan asam yang secara perlahan mengikis enamel gigi.

Selain itu, bukan hanya makanan dan minuman yang berkalori tinggi saja yang membuat gigi menjadi rusak dan berlubang, akan tetapi beberapa makanan sehat dibawah ini juga dapat menjadi pemicu gigi anda menjadi rusak.

Berikut ini beberapa jenis makanan perusak gigi yang harus dihindari agar gigi tetap sehat, diantaranya:

Kacang Almond

Jenis makanan pertama yang membuat gigi menjadi rusak adalah kacang almond. Memang jenis kacang ini tinggi akan vitamin E dan mengandung lemak sehat. Namun, dibalik itu kacang ini mengandung formula yang bisa merusak gigi dan dapat membuat gigi menjadi keropos karena teksturnya yang cukup keras saat akan digigit.

Kopi

Minuman yang satu ini memang banyak diminati oleh semua kalangan, meskipun kaya akan kandungan antioksidan. Namun, ternyata warna pekat yang dimiliki oleh kopi dapat menempel pada permukaan gigi dan akan menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Plak ini akan membuat warna gigi menjadi hitam dan sangat sulit untuk dihilangkan dengan pasta gigi saja.

Acar

Jenis makanan yang selanjutnya membuat gigi menjadi rusak adalah acar. Pada dasarnya, segala jenis makanan yang dijadikan acar umumnya mengandung kalori yang rendah. tetapi kandungan asamnya sangat tinggi karena adanya campuran cuka didalamnya. Nah, kandungan asam inilah yang bisa mengurangi mineralisasi gigi.

Buah Jeruk

Pernah dengar bahwa buah jeruk ternyata dapat merusak gigi. Tentu akan bertanya kok buah jeruk bisa merusak gigi, padahal buah jeruk mengandungan vitamin C dan sangat penting untuk menjaga kesehatan kolagen pada gusi. Itu dapat terjadi apabila anda tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan, karena bisa membuat gusi menjadi bengkak. Semua itu disebabkan karena kandugan asam dalam jeruk yang akan mengikis email dan tingkat erosifnya sama seperti minuman yang mengandung soda.

Buah Kering

Jenis makanan terakhir yang menjadi faktor gigi rusak adalah mengkonsumsi jenis buah yang telah dikeringkan. Hal ini disebabkan karena buah yang semua kandungan airnya didalamnya telah tersedot keluar (kering), sehingga konsentrasi gulanya akan cukup pekat dan menjadi mudah menempel pada gigi.

Nah, Itulah beberapa jenis makanan yang membuat gigi rusak meskipun ternyata kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…!!!

Advertisement
tags: , ,

Comment For Makanan yang Dapat Merusak Gigi Sehat