Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Plak Gigi

Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Plak Gigi

Thursday, October 3rd 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Scaling/Karang Gigi

Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Plak GigiJenis Makanan Pencegah Timbulnya Plak Gigi – Plak gigi merupakan deposit hasil dari sisa-sisa penguraian makanan oleh bakteri gigi. Adapun penyebab utama timbulnya plak gigi adalah sisa makanan yang melekat pada gigi, khususnya makanan yang mengandung gula atau karbohidrat dan dapat diurai oleh bakteri menjadi senyawa yang bersifat asam.

Ternyata plak yang diakibatkan oleh makanan dapat pula diatasi dengan makanan. Makanan yang dapat mengatasi plak bukan sembarang makanan melainkan makanan yang mengandung beberapa senyawa yang memiliki fungsi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan atau memiliki sifat sebagai antibakteri.

Beberapa jenis makanan yang dapat mencegah munculnya plak gigi antara lain :

  • Makanan yang mengandung vitamin A, D atau C. Makanan yang tepat untuk pencegah plak gigi ialah Buah-buahan dan sayuran. Buah pada umumnya mengandung vitamin A dan C. Vitamin A dan C telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh termasuk sebagai peningkat aktivitas sel imun yang melawan bakteri penyebab plak gigi. Buah tersebut antara lain: Mangga, Jeruk, Tomat, Apel, Pir, Rambutan dan lain sebagainya. Adapun sayuran berwarna hijau memiliki kandungan vitamin A yang sangat besar. Sayuran selain mengandung vitamin A juga mengandung serat yang dapat pula meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun vitamin D terkandung pada beberapa produk hewani antara lain daging, putih telur, hati ayam, minyak ikan dan masih banyak lagi.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium tidak hanya dapat menguatkan tulang dan gigi saja. Ternyata kandungan kalisum dalam gigi yang cukup juga dapat mengurangi kemampuan bakteri untuk menembus lapisan email gigi. Sehingga plak gigi tidak mudah menempel ¬†gigi sehingga gigi tidak mudah keropos. Adapun makanan pencegah plak gigi yang banyak mengandung kalsium anatara lain adalah buah pir, apel, pisang, susu, telur, sumsum tulang ayam, produk ikan dan lain sebagainya.
  • Jus apel dan strawberry sangat mujarab guna mengatasi plak. Di dalam perpaduan jus apel dan strawberry selain mengandung vitamin A dan C, juga memiliki asam folat yang juga berperan sebagai antibakteri atau desinfektan alami bagi gigi dan mulut.¬† Makanan Pencegah Plak Gigi
  • Buah atau sayuran berserat tinggi selain kandungannya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata secara fisik tekstur seratnya juga dapat membersihkan gigi dari plak. Sebagai contoh adalah apel, wortel dan brokoli.
  • Keju, rasa masam dalam keju dapat secara ampuh melawan plak dan mempertahankan PH gigi.

Demikianlah penjelasan tentang makanan pencegah plak gigi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , , , ,

Comment For Jenis Makanan Pencegah Timbulnya Plak Gigi