Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Jenis Makanan Dan Minuman Pemicu Bau Mulut

Jenis Makanan Dan Minuman Pemicu Bau Mulut

Wednesday, July 16th 2014. | Kesehatan Gigi Dan Mulut

Jenis Makanan Dan Minuman Pemicu Bau MulutJenis Makanan Dan Minuman Pemicu Bau Mulut – Bau mulut merupakan penyakit yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Penyebab mulut berbau adalah makanan yang dikonsumsi. Bau mulut sangat dihindari oleh banyak orang, jika kita tidak ingin malu diri saat berbicara dihadapan orang lain.

Berbicara tentang makanan yang merupakan menyebabkan bau mulut, maka yang terlintas di benak pikiran kita adalah makanan petai dan juga jengkol. Namun faktanya, selain petai dan jengkol masih ada banyak sekali makanan sehari-hari yang bisa menyebabkan bau mulut. Makanan yang bersifat asam atau yang dapat membuat mulut kering sehingga mempermudah tumbuhnya bakteri juga menjadi salah satu peneyebab mulut berbau. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau mulut.

Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut

Perlu Anda ketahui jika bukan hanya jengkol dan juga petai yang membuat bau mulut karena masih banyak lagi makanan yang tidak kita sadari menjadi salah satu penyebab bau mulut yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Salah satu bahan makanan yang sudah cukup terkenal dengan baunya adalah bawang. Bawang putih dan juga bawang merah dapat menyebabkan mulut menjadi berbau karena kandungan mercaptan dan senyawa sulfur yang terkandung didalamnya.

Sehingga saluran pencernaan akan menyerap senyawa tersebut dan darah dalam tubuh akan menyalurkannya ke seluruh tubuh tidak terkecuali paru-paru. Selain itu, Daging yang nampaknya aman bagi tubuh juga ternyata dapat menyebabkan bau badan. Bau tersebut dipicu karena bumbu-bumbu yang digunakan pada saat mengolah daging. Kemudian, Serat daging yang tertinggal di sela-sela gigi juga akan menyebabkan bau mulut. Selain dari itu, Telur dan juga kacang bisa menjadi pemicu mulut menjadi berbau. Protein yang terdapat pada telur dan juga kacang bereaksi dengan asam di saluran pencernaan dan memproduksi bau yang tidak sedap.

Minuman Penyebab Bau Mulut

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi penyebabnya seperti Kopi dan alkohol yang merupakan jenis minuman yang dapat memicu bau mulut. Kopi yang bersifat asam dan alkohol membuat mulut menjadi kering yang akan memicu pertumbuhan bakteri pada mulut menjadi cepat.

Namun, Susu yang selama ini kita pikir aman bagi kesehatan tubuh dan jauh dari berbagai masalah juga sebenarnya dapat menjadi pemicu bau mulut. Bukan hanya susu, tetapi berbagai jenis produk olahannya juga bisa menyebabkan bau mulut. Susu akan membentuk senyawa amino yang oleh mikorba di permukaan lidah akan diubah menjadi senyawa sulfur. Berbagai minuman yang mengandung gula selain membuat gigi berlubang juga dapat menyebabkan bau mulut. Gula adalah makanan bakteri dan mikroba di dalam mulut, jadi konsumsi gula akan membuat bakteri dalam mulut akan tumbuh dan menyebabkan bau mulut.

Dari berbagai penjelasan di atas, maka sudah jelas sekali jika ada banyak makanan dan juga minuman yang tidak kita sadari merupakan pemicu bau mulut. Jika kita selama ini bermasalah dengan bau mulut dan sudah rajin untuk menggosok gigi, tetapi mulut kita masih tetap saja berbau, maka pastikan Anda mengecek apa saja yang sudah kita konsumsi karena banyak minuman dan Makanan Penyebab Bau Mulut. Semoga dapat bermanfaat…..

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Jenis Makanan Dan Minuman Pemicu Bau Mulut