Home » Perawatan Gigi » Ortodontik » Jenis Kawat Gigi dan Penjelasannya

Jenis Kawat Gigi dan Penjelasannya

Wednesday, October 2nd 2013. | Ortodontik

BehelJenis Kawat Gigi dan Penjelasannya - Kawat gigi (behel) merupakan alat yang dapat membantu untuk meratakan posisi gigi, misalnya gigi tonggos.  Dalam ilmu kedokteran penggunaan kawat gigi terbagi atas dua Jenis, yaitu:

1. Kawat Gigi Lepasan, yaitu kawat gigi yang dapat dilepas dan dipasang kembali

2. Kawat Gigi Permanen, yaitu kawat yang tidak dapat dilepas sebelum perawatan dinyatakan selesai oleh dokter gigi yang merawat.

Apa itu Kawat gigi Lepasan?

Untuk penggunaan kawat gigi lepasan, sebaiknya digunakan pada anak yang berusia 6 hingga 10 tahun, namun kawat gigi ini juga dapat dipakai oleh anak yang berusia diatas 20 tahun dengan syarat asalkan susunan gigi yang akan dibenarkan masih dalam tahap atau kondisi ringan sehingga tidak memerlukan pencabutan gigi geraham kecil (gigi setelah taring).

Pemasangan kawat gigi lepasan memang lebih maksimal jika pada usia anak-anak atau pada masa gigi susu dimana pada saat itu rahang masih dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Apa itu Kawat Gigi Permanen?

Untuk kawat gigi permanen (cekat), sebaiknya digunakan setelah gigi susu telah tanggal semua, kira2 mulai usia 12 tahun keatas. Karena pada saat ini setidaknya dokter gigi telah melihat perkembangan rahangnya secara optimal.

Jenis kawat gigi permanen terbagi beberapa macam, berdasarkan bahan dasar bracketnya (yang menempel pada gigi), yaitu:

1. logam stainless stell (SS)/ Metal braket

Metal braket

Kawat gigi yang terbuat dari logam SS, lebih sering digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti tidak berkarat, tahan lama dan Harganya pun lebih terjangkau.

2. Porcelain/keramik/Transparan braket

Transparan braketKawat transparan yang terbuat dari bahan composite, memang paling kuat, Kawat gigi porcelain biasanya digunakan untuk trend/fashion gaya terutama oleh anak-anak remaja, karena warnanya transparan sehingga estetika lebih baik dibandingkan dengan braket metal.

Nah, sudah tau kan jenis dan macam-macam dari kawat gigi, setiap kawat gigi mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing tergantung kondisi gigi yang akan di perbaiki atau di rawat. Perlu di ingat bahwa dalam memperbaiki gigi menjadi rapi sebaiknya konsultasikan kepada yang lebih kompeten seperti dokter gigi jangan mempercayakan kepada tukang gigi yang tidak mempunyai lisensi tentang perawatan gigi. Semoga Bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Jenis Kawat Gigi dan Penjelasannya