Home » Kesehatan Anak » Jenis-Jenis Imunisasi dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Imunisasi dan Kegunaannya

Wednesday, December 11th 2013. | Kesehatan Anak, Kesehatan Umum

Jenis-jenis Imunisasi dan KegunaannyaJenis-Jenis Imunisasi dan Kegunaannya – Selain makanan yang baik dan bergizi untuk bayi, ada hal yang penting perlu dilakukan oleh orang tua kepada sang balita guna menunjang kesehatannya yaitu dengan dilakukannya imunisasi.

Imunisasi suatu cara untuk dapat melindungi bayi dari serangan berbagai virus sehingga seorang bayi yang rentan terhadap penyakit akan lebih kuat dan terjaga kesehatannya. Kita semua pasti setuju kalau tindakan preventif atau pencegahan itu lebih baik dari pada pengobatan. buah hati adalah segala-galanya bagi orang tua, maka sejak kelahiran bayi lakukanlah imunisasi secara berkala dengan begitu kondisi bayi akan terjaga kesehatannya dan akan berdampak pula pada sempurnanya pertumbuhan fisik, psikis maupun kecerdasannya kelak.

Berikut ini adalah macam-macam imunisasi, manfaat imunisasi dan kegunaan imunisasi untuk anak-anak kita :

1. Vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin): Vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit TBC

2. Vaksin Hepatitis B: Vaksin ini berguna untuk melindungi dari virus penyebab penyakit hepatitis B

3. Vaksin Polio: Vaksin ini berguna untuk melindungi dari polio yang menyebabkan kelumpuhan

4. Vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus): Vaksin ini berguna untuk melindungi anak dari difteria (infeksi tenggorokan dn saluran pernafasan)

5. Vaksin Campak: Vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit campak

6. PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine): Melindungi bayi dan balita dari penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD). Jenis penyakit yang tergolong IPD adalah radang paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), dan infeksi darah (bakteremia).

7. Vaksin Hibvaksin: Vaksin ini berguna untuk melindungi bayi dan balita dari serangan meningitis, pneumonia, dan epiglotitis

8. MMR (Mumps, Measles, Rubella): Berguna untuk melindungi batita dan anak-anak dari campak, gondongan, dan rubella (campak jerman)

9. Tifoid: Melindungi batita dan anak-anak dari penyakit tifus

10. Influensa: Melindungi bayi dan anak-anak dari kemungkinan terkena flu berat (penyakit yang disebabkan oleh virus influensa)

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Jenis-Jenis Imunisasi dan Kegunaannya