Home » Tips Hidup Sehat » Hubungan Kopi Susu dan Karies

Hubungan Kopi Susu dan Karies

Friday, November 15th 2013. | Tips Hidup Sehat

Hubungan Kopi Susu dan KariesHubungan Kopi Susu dan Karies – Berbicara soal Kopi tentu tak akan nikmat rasanya jika tidak diberi susu. Kopi susu merupakan minuman yang kerap menemani kita saat begadang malam hari. Kopi susu juga biasanya menjadi pendamping sarapan pagi hari selain minum teh agar pada saat beraktivitas kita tidak mengantuk. Namun di balik rasanya yang nikmat, ternyata kopi susu juga menyimpan efek samping yang dapat membahayakan bagi kesehatan gigi kita.

Menurut Heidi Hackett seorang pakar gigi, menyebutkan bahwa  kopi susu dapat memicu perkembangan karies pada gigi lebih cepat. Kebanyakan Pasien yang mengalami gangguan pada gigi seperti karies adalah mereka yang sering minum kopi susu setiap hari.

Kandungan Laktosa atau Gula yang terdapat dalam kopi susu membuat perkembangan bakteri di dalam mulut dapat berkembang biak lebih cepat sehingga dapat mengakibatkan tumbuhnya karies pada gigi. Menurut Heidi, laktosa / gula merupakan cairan yang membantu perkembangan metabolisme bakteri jadi lebih cepat.

Seperti yang dikutip dari Geniusbeauty, bahwasanya karies pada gigi bisa terjadi karena dipicu oleh bakteri Streptococcus mutans. Bakteri  jenis ini dapat mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Kemudian, asam tersebutlah yang akan mengorosi enamel gigi sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Oleh karena itu, Heidi menganjurkan agar mengkonsumsi kopi susu cukup dalam waktu 15 menit saja. Agar resiko terkena karies dapat diperkecil, akan tetapi jika frekuensi minum kopi susu amatlah sering dilakukan setiap hari cara ini juga tidaklah ampuh untuk mencegahnya, bahkan bakteri akan mengancam kesehatan gigi kita.

Akan tetapi anda tak perlu khawatir karena anda dapat mencegah resiko terkena karies hanya dengan sering minum air putih setelah Anda mengkonsumsi Kopi Susu, cara ini bertujuan untuk bisa menetralisir kandungan asam sehingga dapat mengurangi perkembangan bakteri di dalam mulut. Cara lain yang bisa juga anda gunakan ialah dengan mengunyah permen karet setelah minum kopi , cara ini juga bisa merangsang aliran air liur sehingga dapat membersihkan mulut dan mengurangi keasaman.

Semoga informasi diatas yang saya berikan dapat menjadi pelajaran bagi anda yang gemar minum kopi susu.

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Hubungan Kopi Susu dan Karies