Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Hubungan Kebersihan Mulut Dengan Penderita Diabetes

Hubungan Kebersihan Mulut Dengan Penderita Diabetes

Hubungan Kebersihan Mulut Dengan Penderita DiabetesHubungan Kebersihan Mulut Dengan Penderita Diabetes – Apakah ada hubungannya antara orang yang menderita penyakit diabetes terhadap kesehatan gigi dan mulut?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa  hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dengan penyakit jantung, stroke, serta penyakit DIABETES. Sehingga tak heran bahwa bagi para penderita diabetes kesehatan mulut sangat begitu penting.

Sebagai penjelasan singkatnya bahwa proses air ludah yang merubah karbohidrat menjadi glukosa bisa menjadi tidak terkontrol saat mulut tidak bersih. Oleh itu supaya kadar glukosa dalam makanan bisa terserap dan terurai secara maksimal dan bisa membantu lebih cepat proses penyembuhan bagi para penderita diabetes melitus, mulailah memperhatikan kesehatan mulut dan kesehatan gigi anda.

Beberapa tanda yang dapat dijumpai pada penderita diabetes bisa diketahui pula oleh dokter gigi, hal ini karena biasanya para penderita diabetes memiliki penyakit periodontal, kandidiasis dan xerostonna. Penyakit ini dikarenakan kurangnya kesadaran terhadap menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dari tanda-tanda inilah seorang dokter gigi mengetahui bahwa pasien mengindap penyakit diabetes melitus.

Diabetes mellitus merupakan penyakit sistemik yang memiliki manifestasi di rongga mulut. Kandidiasis oral dan jamur oportunitik lainnya adalah suatu tanda permulaan dan non spesifik dari diabetes mellitus yang tidak terkontrol.

Penyebab timbulnya penyakit diabetes mellitus diantaranya:

  1. Adanya gangguan produksi insulin disebabkan karena terjadi cacat atau kerusakan pada sel pangkreas.
  2. Terjadi gangguan kerja insulin yang disebabkan oleh kombinasi dari insufisiensi sel pangkreas dan resitensi insulindalam jaringan.
  3. Kombinasi keduanya.

Perubahan-perubahan dalam rongga mulut pada penderita diabetes mellitus mencakup cheilosis, mulut kering, rasa terbakar dalam rongga mulut dan lidah, dan perubahan flora rongga mulut. Kebersihan mulut dan gigi sangat membantu para penderita diabetes mellitus, kebersihan mulut ini akan membuat bisa mengendalikan perubahan karbohidrat menjadi glukosa menjadi maksimal. Penderita diabetes mellitus bisa terkendali dengan kebersihan mulut. Tentunya suatu penderita diabetes mellitus dikatan terkendali dapat dilihat pada pemeriksaan KGD puasa jika menunjukkan nilai 80-109 mg/dL.

Uraian singkat diatas memberikan gambaran bahwa kesehatan mulut dan gigi sangat membantu para penderita diabetes mellitus. Tentunya perlu diadakan kerja sama antara dokter umum dan dokter gigi dalam menangani penderita diabetes mellitus ini terutama pada hal pemberian obat diabetes bagi penderita diabetes. Pelu dilakukan edukasi terhadap pasien tentang pentingnya mengendalikan gula darah dengan baik.

Advertisement
tags: , , ,

Comment For Hubungan Kebersihan Mulut Dengan Penderita Diabetes