Home » Perawatan Gigi » Ortodontik » Dampak Pemakai Kawat Gigi Untuk Kesehatan

Dampak Pemakai Kawat Gigi Untuk Kesehatan

Wednesday, May 8th 2013. | Ortodontik

Dampak Pemakai Kawat Gigi Untuk KesehatanPernah berpikir mengenai Dampak Pemakai Kawat Gigi Untuk Kesehatan? Kalau tidak, maka Anda harus membaca artikel ini. Kawat gigi memang fungsinya untuk merapihkan susunan bentuk gigi yang tidak rapih, namun efek samping yang ditimbulkannya pun sangat berbahaya bagi kesehatan. Sejak mulai menjadi trend pada tahun 2000-an, kawat gigi kini sudah menjadi trend di kalangan anak-anak, dewasa hingga orang tua.

Namun dalam pemasangannya, para pengguna kawat gigi tidak sadar bahwa risiko kesehatan yang di timbulannya sangat berbahaya bagi kesehatan gigi itu sendiri jika di pasang oleh orang yang bukan ahlinya. Seperti di ketahui bahwa saat ini banyak sekali jenis jasa tukang gigi yang menawarkan jasanya untuk memasang kawat gigi dengan harga yang cukup murah.

Memang bila di bandingkan jika harus pergi ke dokter gigi, biaya yang di butuhkan tidaklah terlalu mahal. Tapi jika memikirkan efek samping yang di timbulkannya, akan lebih baik pergi ke dokter gigi. Lagi pula tidak semua rumah sakit menawarkan harga tinggi dalam memberikan pelayanan pada pasiennya. Rumah sakit pemerintah misalnya, tidak sama dengan rumah sakit swasta karena di dukung oleh dana dari pemerintah.

Lagi pula biaya yang akan di keluarkan jika terjadi hal-hal yang diluar standar kedokteran akan lebih mahal dari pada harus ke dokter yang memang ahlinya. Misalnya saja jika terjadinya penularan penyakit akibat pemasangan kawat gigi yang tidak sesuai dengan prosedur kedokteran. Selain itu, pemasangan kawat gigi yang salah dapat menyebabkan luka pada bibir dan bagian dalam pipi Anda.

Efek samping memakai kawat gigi yang lain jika di pasang tidak sesuai standar adalah timbulnya karang gigi di area bagian bawah logam dan kawat yang sangat sulit untuk di bersihkan. Jika tidak segera di tangani oleh dokter gigi maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan menyebabkan penyakit gusi. Selain itu, Anda juga harus menggunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan area-area di sekitar kawat gigi yang sulit di jangkau sikat gigi biasa.

Saran dari saya, jika Anda tidak mau pergi ke dokter gigi untuk memasang kawat gigi karena tidak punya cukup biaya, maka lebih baik Anda tidak usah pasang kawat gigi. Karena risiko yang akan Anda tanggung jika memasang kawat gigi pada orang yang bukan ahlinya lebih besar daripada harus ke dokter gigi. Demikianlah sedikit ulasan mengenai efek samping memakai kawat gigi jika di pasang oleh orang yang bukan ahlinya.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Dampak Pemakai Kawat Gigi Untuk Kesehatan