Home » Kesehatan Anak » Dampak Dot Pada Gigi Bayi

Dampak Dot Pada Gigi Bayi

Saturday, May 25th 2013. | Kesehatan Anak, Kesehatan Umum

Dampak Dot Pada Gigi BayiDampak Dot Pada Gigi Bayi – Sejak dilahirkan, bayi mempunyai naluri untuk menghisap. Menghisap bukan saja berguna sebagai cara bayi untuk memasukkan makanan, tetapi juga sebagai cara untuk menenangkan diri. Penggunaan dot memang sangat membantu untuk mencegah terjadinya “over-feeding” dan membantu menenangkan anak.

Tetapi penggunaan yang berkepanjangan mempunyai efek yang kurang baik bagi kesehatan gigi. Dengan fungsinya yang cukup baik, orang tua sering menggunakannya diantara waktu menyusui, saat tidur siang, atau saat perjalanan panjang di dalam mobil. Sewaktu usia bayi bertambah dan perkembangan gigi mereka dimulai, maka dot akan memiliki peranan dalam merusak Perkembangan gigi. Penggunaan Dot yang berkepanjangan; terutama hingga Gigi permanen anak sudah tumbuh (5-7 Tahun); akan berakibat pada berbagai masalah Gigi. Gigi atas akan bergerak miring keluar (tonggos). Selain itu, anak-anak berada pada resiko untuk mengembangkan gigitan silang, suatu kondisi dimana rahang atas lebih sempit dibandingkan rahang bawah.

Cara untuk menghindari efek negative dari Dot adalah dengan membatasi lamanya penggunaan. Gunakanlah dot hanya pada saat-saat tertentu, seperti hanya pada saat tidur siang atau hanya diantara waktu makan. Pertimbangkan untuk tidak memberikan dot, meskipun anak anda menangis dengan keras dan membuat anda khawatir. Hal ini akan bermanfaat untuk memungkinkan bayi belajar bagaimana cara menenangkan diri.

Advertisement
tags: , , ,

Comment For Dampak Dot Pada Gigi Bayi