Home » Kesehatan Gigiku » Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan Puasa

Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan Puasa

Wednesday, July 17th 2013. | Kesehatan Gigiku

Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan PuasaCara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan Puasa РSaat anda berpuasa, produksi air liur yang dihasilkan dalam mulut dan dalam saluran pencernaan akan berkurang sehingga mulut  akan menjadi kering. Hal inilah yang mengakibatkan timbul halitosis (Bau mulut).

Bau nafas/mulut adalah hal yang sebenarnya normal bagi seseorang yang berpuasa.  Namun, meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan mulut begitu saja. Salah satu bukti bahwa kebersihan mulut harus tetap dijaga saat berpuasa adalah: Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa.

Untuk mengatasi bau mulut anda, Silakan anda simak beberapa tips sederhana dari kesehatangigiku untuk mencegah bau mulut selama puasa :

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan lidah secara benar. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut.

2. Periksa ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.

3. Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

4. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.

5. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.

Kesimpulan

Menjaga kebersihan mulut tetaplah penting pada saat berpuasa, karena dapat menghindarkan berbagai masalah, di antaranya adalah bau mulut atau bau nafas. Meskipun berpuasa, aktivitas membersihkan mulut dengan berbagai cara tetap harus dilakukan sama seperti kondisi normalnya. Tidak ada alasan untuk tidak membersihkan mulut saat berpuasa. Memperhatikan porsi makan dan jenis makanan adalah hal penting karena hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan perut dan mulut.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan Puasa