Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Cara Perawatan Gigi Bagi Minum Teh

Cara Perawatan Gigi Bagi Minum Teh

Sunday, December 15th 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Kesehatan Umum, Perawatan Gigi

Cara Perawatan Gigi Bagi Minum TehCara Perawatan Gigi Bagi Minum Teh – Meminum teh memang dapat mempengaruhi kesehatan terutama kesehatan gigi baik dapat berpengaruh positif maupun negatif. Manfaat teh bagi kesehatan gigi antara lain didalam teh terdapat zat tertentu yang mana dapat melapisi permukaan gigi sehingga gigi dapat terhindar dari plak gigi/karies dan mengurangi kemungkinan gigi akan berlubang. Jenis teh yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi ialah jenis teh hitam dan teh hijau.

Untuk mendapatkan manfaat dari teh tersebut, hendaknya teh harus diminum dengan secara benar. Manfaat teh lebih dapat dirasakan jika teh diseduh langsung dari daun teh dari pada teh kemasan atau teh celup. Selain itu, teh harus diseduh menggunakan air mendidih yang tidak terlalu lama dan sebaiknya diseduh dalam poci keramik bukan tempat yang berbahan besi atau plastik. Minum teh hendaknya jangan dicampur dengan gula, karena gula ialah merupakan salah satu penyebab terjadinya karies gigi atau gigi berlubang.

Selain manfaat dari teh bagi kesehatan gigi, teh juga memiliki efek samping bagi kesehatan gigi salah satunya dapat memunculkan noda hitam dan karang gigi. Minuman berwarna seperti teh memang dapat membuat permukaan luar gigi menjadi ikut berwarna. Lihat saja gelas yang sering Anda gunakan untuk membuat teh, tentu bagian dasar gelas biasanya terlihat berwarna coklat maka begitu pula dengan gigi Anda. Sering meminum teh terutama jika teh yang diminum terlalu pekat dengan jumlahnya yang banyak bisa membuat gigi menjadi berwarna kuning dan muncul karang gigi kuning. Untuk menghindari bahaya teh ini, hendaknya Anda harus rajin melakukan perawatan gigi. Perawatan gigi yang sederhana dapat dilakukan dirumah ialah cukup dengan berkumur atau membilas mulut setelah minum teh dengan air putih. Menghindari teh yang pekat juga bagian dari perawatan gigi. Selain itu, hindari berkumur saat sedang meminum teh.

Perawatan gigi lainnya ialah dengan membersihkan karang gigi kurang lebih 1 atau 2 kali dalam setahun. Noda yang terjadi pada gigi akibat minum teh memang dapat mengganggu karena gigi akan menjadi terlihat tidak putih sehingga terkesan kotor. Rajin menggosok gigi minimal 2 kali akan membantu mengatasinya. Selain itu, menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih juga dapat dilakukan untuk perawatan gigi bagi para peminum teh. Pada akhirnya, karena teh juga bermanfaat bagi kesehatan gigi, Anda tetap dapat meminum teh namun dengan cara yang tepat dan tetap rajin melakukan perawatan gigi.

Advertisement
tags: , , , , , , , , ,

Comment For Cara Perawatan Gigi Bagi Minum Teh