Home » Kesehatan Anak » Cara Mengobati Ngilu Gigi Pada Anak

Cara Mengobati Ngilu Gigi Pada Anak

Sunday, October 13th 2013. | Kesehatan Anak, Kesehatan Gigiku

Cara Mengobati Ngilu Gigi Pada AnakCara Mengobati Ngilu Gigi Pada Anak – Rasa ngilu pada gigi bukan hanya dirasakan oleh para orang tua ataupun orang dewasa, namun dapat juga dialami oleh anak-anak. Sama halnya dengan orang dewasa cara mengobati gigi ngilu pada anak pun tidaklah sulit untuk dilakukan oleh orang tua. Gigi ngilu yang terjadi pada anak itu akibat gigi anak-anak yang masih sangat sensitive, apalagi kebiasaan  anak yang sering makan atau minum dingin, panas dan asam.

Akan tetapi hal ini Jangan sekali-kali anggap enteng karena jika diabaikan gigi sensitive ini dapat  menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi, sehingga hal ini tak bisa dipulihkan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian gigi.

Gigi sensitive pada anak yang merupakan istilah umum yang dipakai untuk menunjukan adanya dentine hypersensitive yaitu terbukanya dentin akibat menipisnya email dan turunya gusi. Dentin mempunyai saluran-saluran kecil yang langsung berhubungan dengan saraf gigi. Gigi yang paling rentah terhadap dentine hypersensitive  (DH) adalah gigi taring geraham kecil dan gigi geraham. Dan yang paling jarang terkena masalah ini adalah gigi seri.

Pada umumnya gigi sensitivedialami oleh orang-orang pada usia produktif. Namun pada beberapa kasus, gigi sensitive juga dapat ditemukan pada anak-anak. nah dalam kasus ini orang tua harus memperhatikankesehatan gigi anak serta cara mengobati gigi ngilu pada anak yang diakibatkan dari gigi sensitive. Rasa ngilu gigi sensitive dapat dipicu oleh berbagai hal. Oleh karaena itu perlu dilakukan pencegahan agar tetap nyaman ketika menikmati hidangan favorit.

Adapun dibawah ini terdapat berberapa cara mengobati dan mencegah gigi ngilu pada anak, sebagai berikut:

  1. Hilangkan kebiasaan buruk menggosok gigi dengan tekanan yang keras dan dengan gerakan kiri-kanan.
  2. Sikat gigi diwaktu yang tepat, yaitu kurang lebih 20 menit setelah makan.
  3. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dengan kepala sikat sesuai dengan ukuran mulut.
  4. Hindari penggunaan sikat gigi yang bulu sikatnya sudah rusak.
  5. Bersihkan gigi pada seluruh permukaan gigi sampai kecelah-celah gigi siku gusi.
  6. Lakukan pijatan gusi untuk memperlancar peredaran
  7. Gunakan pasta gigi yang mengandung sinc dan triclosan.
  8. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki perbedaan suhu pada saat bersamaan.
  9. Hindari makanan yang dapat menyebabkan trauma pada gusi atau merusak gusi.
  10. Hindari konsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu manis.

Itulah beberapa cara mengobati gigi ngilu pada anak agar tidak terjadinya gigi sensitive yang mengakibatkan gigi ngilu. Semoga bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , , , ,

Comment For Cara Mengobati Ngilu Gigi Pada Anak