Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Friday, September 12th 2014. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Gigi NgiluCara Mengatasi Gigi Ngilu – Gigi terasa ngilu saat minum minuman dingin merupakan salah satu gejala dari gigi sensitif. Gigi yang sensitif akan menggangu Anda untuk dapat menikmati makanan yang anda sukai. Untuk mengobati gigi sensitif memang susah, sehingga cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan tips untuk menghilangkan rasa ngilu pada gigi.

Berikut ini beberapa tips menghilang rasa ngilu pada gigi dengan cepat:

1 Kurangi memakan makanan bersifat asam.

Untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi Anda sebaiknya kurangi memakan makanan yang bersifat asam. Karena makanan tersebut akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi, sehingga dengan tidak memakan makanan yang asam maka rasa ngilu pada gigi akan hilang.

2 Jangan terlalu lama mengunyah makanan bersifat asam .

Jika Anda kesulitan untuk tidak memakan makanan yang bersifat asam maka Anda sebaiknya tidak perlu mengunyah makanan yang mengandung asam tersebut terlalu lama didalam mulut. Sehingga Anda dapat meminimalisir rasa ngilu pada gigi.

3 Gunakan sikat gigi yang tepat.

Sikat gigi yang tepat untuk gigi sensitif adalah sikat gigi yang memiliki ujung kepala kecil, membulat serta mempunyai bulu sikat yang lembut. Anda dapat menyikat gigi dari arah gusi ke gigi dengan secara lembut agar tidak mulukai gusi yang bisa menyebabkan penurunan gusi dan gusi berdarah.

4 Menghentikan kebiasaan menggertakkan gigi.

Kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur harus segerah dihentikan. Jika Anda merasa hal itu sulit untuk dilakukan maka Anda dapat berkonsutasi pada dokter gigi agar dibuatkan occlusal splint yang berguna untuk melindungi gigi Anda dari gesekan non fungsional ketika malam hari.

5 Hindari sikat gigi setelah makan makanan yang asam.

Gigi ngilu dapat diatasi dengan tidak menyikat gigi saat setelah habis makan atau minum sesuatu yang bersifat asam. Anda dapat menunggu sekitar 1 jam sampai 2 jam sebelum menyikat gigi.

6 Menggunakan pasta gigi yang tepat.

Menggunakan pasta gigi yang tepat yang dapat Anda gunakan adalah pasta gigi yang memiliki kandungan hydroxyapatite (HAP),potassium citrate, sodium monofluorophospate . Karena pasta gigi yang memiliki kandungan pasta gigi seperti itu akan membantu Anda dalam mengurangi rasa ngilu pada gigi.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi dengan cepat. Semoga bermanfaat….!!!

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Cara Mengatasi Gigi Ngilu