Home » Kesehatan Anak » Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi

Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi

Saturday, May 25th 2013. | Kesehatan Anak

Cara Mengajari Anak Menyikat GigiCara Mengajari Anak Menyikat Gigi – Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak merupakan suatu keharusan dan tantangan bagi para orang tua. Tidak sedikit anak yang malas untuk disuruh menyikat gigi. Padahal jika gigi tidak dirawat sejak dini, maka anak akan terancam terkena bebagai jenis penyakit gigi di kemudian hari.

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajak anak menyikat gigi:

1. Mulailah sejak gigi tumbuh
Mulailah menyikatkan gigi anak sejak gigi susunya tumbuh. Dengan membiasakannya, maka kelak anak tidak akan asing lagi dengan menyikat gigi. Bahkan sebelum gigi pertama tumbuh, orang tua dapat mulai membersihkan gusi anak dengan kassa basah bersih yang dililitkan ke jari.

2. Jadikan kegiatan yang mengasyikkan
Saat menyikat gigi dapat dibuat mengasyikkan, misalnya dengan menceritakan kisah seru perang antara kuman dan prajurit fluoride di dalam mulut. Ajak anak membayangkan bahwa dengan menyikat gigi, mereka sedang bertarung melawan kuman-kuman tersebut.

3. Menjadi teladan
Orang tua tentu merupakan kunci kebersihan gigi dan mulut anak-anaknya. Menyikat gigi dengan rutin dan tanpa beban tentu merupakan teladan yang sangat baik bagi anak.

4. Edukasi
Beri pengertian mengapa perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bandingkan dengan tokoh/orang lain yang sakit gigi, atau memiliki gigi yang berlubang dan jelek.

5. Beri pujian
Jangan lupa beri pujian pada anak yang rajin menyikat gigi dan melakukannya dengan benar.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi