Home » Kesehatan Gigiku » Cara Melindungi Kesehatan Lidah

Cara Melindungi Kesehatan Lidah

Monday, July 1st 2013. | Kesehatan Gigiku

Cara Melindungi Kesehatan LidahCara melindungi kesehatan lidah – Ketika membahas masalah kesehatan mulut, hal yang akan menjadi sorotan utama adalah gigi. Padahal selain gigi ada bagian yang sangat penting yang harus mendapat perhatian juga, yaitu lidah.

Kebanyakan orang kurang memperhatikan masalah kebersihan lidah, padahal kesehatan lidah yang buruk dapat menyebabka mulut menjadi bau.

Lidah yang kotor atau biasanya ditandai dengan adanya lapisan – lapisan tipis yang berwarna putih dan itu biasanya menjadi penyebab mulut menjadi bau dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

Nah, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut terutama lidah, Anda bisa melakukan cara-cara alami berikut ini.

Cara melindungi kesehatan lidah:

1. Sikat gigi
Menyikat gigi selain untuk menjadikan gigi bersih juga bisa dipakai untuk menyikat lidah sekaligus. Maka dari itu, sikat lah lidah ketika menyikat gigi dan pakailah sikat yang terbuat dari bahan yang lembut dan jangan menyikat terlalu keras.

2. Pembersih lidah
Selain memakai sikat gigi, alat pembersih lidah juga bisa dipakai. Di pasaran sekarang sudah banyak merk alat pembersih lidah yang bisa dipakai bahkan punggung pasta gigi sekarang ada yang bisa dipakai untuk membersihkan lidah. Gunakan secara perlahan untuk menyingkirkan lapisan putih pada lidah secara teratur dan perlahan-lahan agar tidak melukai lidah.

3. Konsumsi makanan yang sehat
Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan misalnya apel, strawberry, lemon, dan keju bisa membantu menjaga agar mulut dan gigi tetap bersih dan sehat.

4. Jeruk nipis
Selain khasiat-khasiat yang telah dipaparkan dalam artikel sebelumnya manfaat jeruk nipis juga bisa dipakai untuk mengatasi lapisan putih pada lidah. Caranya peras jeruk nipis dan ambil airnya lalu campur dengan sedikit baking soda. Selanjutnya gosokkan pada lidah secara perlahan lalu dilanjutkan dengan menyikat gigi dan bilas dengan air bersih.

5. Berkumur
Setelah kita makan biasanya selalu ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut atau menyelip pada sela-sela gigi. Berkumur lah dengan air bersih setiap selesai makan karena itu dapat membantu membuang partikel-partikel sisa makanan yang bisa menjadi tempat menumpuk nya bakteri dan kuman.

6. Cairan antiseptik
Kebiasaan berkumur dengan cairan antiseptik setelah selesai gosok gigi juga bisa untuk mengatasi bau mulut dan menghilangkan lapisan putih dan karang pada gigi. Akan tetapi, perlu diingat juga pemakaian cairan ini juga jangan sering-sering karena akan membuat mulut menjadi kering dan jika mulut kering maka akan bisa menjadikan mulut semakin bau.

7. Yogurt
Salah satu jamur yang menyebabkan lidah menjadi putih adalah jamur Candida dan yogurt adalah salah satu makanan yang bisa membunuh jamur serta mencegahnya datang kembali.

8. Kunyit
Selain manfaatnya yang bisa diambil untuk kesehatan dan juga kecantikan, kunyit juga bisa menjadi bahan antiseptik sebagai obat pembersih lidah. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan air atau bisa memarut kunyit dan ambil airnya lalu pakai unntuk berkumur.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Cara Melindungi Kesehatan Lidah