Home » Kesehatan Anak » Bolehkah Anak Memakai Obat Kumur?

Bolehkah Anak Memakai Obat Kumur?

Wednesday, September 18th 2013. | Kesehatan Anak, Kesehatan Gigi Dan Mulut

Bolehkah Anak Memakai Obat KumurBolehkah Anak Memakai Obat Kumur? – Penggunaan obat kumur sangatlah efektif dan baik guna membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Namun Ada beberapa orang tua yang menginginkan mulut anaknya bersih dan segar. Tapi, pertanyaannya Bolehkah anak-anak menggunakan obat kumur? Simak uraian berikut.

Menurut beberapa ahli dokter anak,mengemukakan bahwa Penggunaan obat kumur pada anak tidaklah dianjurkan. Pertama gara-gara bahaya ketika tertelan, kedua gara-gara obat kumur dapat mengacaukan keseimbangan alamiah di dalam rongga mulut.

Antiseptic yang terkandung dalam obat kumur itu akan mematikan bakteri baik yang dibutuhkan keberadaannya sehingga bakteri yang buruk akan berkembang pesat. Penggunaan antiseptik obat kumur tanpa tujuan spesifik (indikasi) justru bisa menyebabkan terjadinya kelainan di dalam rongga mulut.

Selain itu di dalam obat kumur itu juga  terdapat Kandungan alkohol yang akan membuat rongga mulut anak-anak akan menjadi lebih kering, sehingga derajat keasaman akan meningkat dan kadar pH menurun, yang merupakan penyebab dari kerusakan gigi.

Gara-gara hal itulah, pemakaian obat kumur pada anak amat tidak dianjurkan tanpa petunjuk spesial dokter gigi untuk tujuan Penyembuhan dengan cara diberi obat spesifik.

Maka sebagai orang tua yang baik sudah selayaknya anda lebih mengerti alangkah baiknya konsultasikan masalah anak anda sebelum melakukan tindakan pada dokter anda.

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Bolehkah Anak Memakai Obat Kumur?