Home » Perawatan Gigi » Ortodontik » Bahaya Penggunaan Behel Abal – Abal

Bahaya Penggunaan Behel Abal – Abal

Monday, July 1st 2013. | Ortodontik, Perawatan Gigi

Bahaya Penggunaan Behel Abal - AbalBahaya Penggunaan Behel Abal – Abal – Kawat gigi atau yang lebih tren disebut Behel kini sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh para remaja. Behel yang sebenarnya berfungsi untuk kesehatan gigi kini juga digunakan untuk pelengkap aksesoris remaja, dimana Behel digunakan hanya untuk bergaya saja.

Mengingat pemasangan kawat gigi yang mahal tersebut, yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah namun ada juga yang harganya hanya ratusan ribu.

Melihat dari sudut pandang materi tidak sedikit bajet yang dikeluarkan untuk pemasangat kawat gigi tersebut, apa lagi kita nantinya harus rutin memeriksa kondisi gigi yang sedang dipasangi behel tersebut. Tentunya ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Dan bukan hanya sebagai gaya gaya, behel juga mengungkapkan status sosial seseorang percaya atau tidak itu sudah menjadi fakta mengingat harga yang di keluarkan sangat mahal.

Seiring dengan maraknya penggunaan kawat gigi atau behel ini, para pengrajin aksesoris juga membuat kawat gigi tiruan yang serupa untuk di perjual belikan. Tentunya dengan harga yang sangat jauh berbeda dengan di tempat dokter spesialis kawat gigi.

Para remaja pun banyak membeli behel mainan tersebut dan menggunakannya tanpa mengetahui terbuat dari bahan apakah behel tersebut? Dan apakah mengganggu kesehatan mulut mereka? Dengan rasa penasaran saya coba bertanya kepada kenalan sesama blogger dimana beliau adalah seorang Dokter gigi atau yang lebih di kenal Dokter gigi gaul.

Tidak puas bertanya kepada beliau saya juga coba bertanya kepada teman-teman di facebook. Dan berikut hasil yang saya dapatkan, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Bahaya kawat gigi (Behel) bisa terjadi alergi, ini mengingat harga kawat gigi mainan yang murah sudah pasti bahan yang digunakan untuk kawat gigi tersebut juga yang murahan dan tidak menutup kemungkinan kawat tersebut bekas pabrik atau kawat bekas yang di dapat dari tempat sampah terus di daur ulang.

Bahkan kawat gigi mainan ini bisa mengakibatkan sariawan, bau mulut, karies, tumpukan plak, karang gigi. Kawat gigi itu menjijikkan, kalau gunakan sebagai aksesoris bukannya keren malah bikin saya pengen muntah karna ada bekas makanan sangkut di mana-mana. Dan bagi yang menggunakan kawat gigi langsung ke tempat dokter spesialis kawat gigi saya menyarankan untuk rutin mengontrol tiap minggunya, karna apa bila tidaknanti gigitan gigi atas dan bawah kamu bisa berubah, yang bisa berakibat sakit pada sendi TMJ (sendi penghubung antara mulut atas dengan bawah yang ada di depan telinga).
Rata-rata setelah kepasang, kawat gigi para konsumen akan malas untuk kontrol lagi ke dokter giginya.

Cukup jelas sepertinya pemaparan dari saya, semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , ,

Comment For Bahaya Penggunaan Behel Abal – Abal