Home » Perawatan Gigi » Gigi Berlubang » Bagian Gigi Yang Rentan Terjadi Lubang Atau Karies

Bagian Gigi Yang Rentan Terjadi Lubang Atau Karies

Saturday, May 11th 2013. | Gigi Berlubang, Penyakit Gigi

Bagian Gigi Yang Rentan Terjadi Lubang Atau Karies – Gigi terutama lapisan email merupakan jaringan tubuh yang paling keras karena kandungan anorganiknya berupa hidroxyapatit mencapai 96%. Meskipun demikian, permukaan gigi yang sudah erupsi/tumbuh pada dasarnya rentan terhadap karies karena seringnya terpapar dengan bahan-bahan yang dapat menyebabkan kerusakan gigi misalnya plak bakteri dan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Karies merupakan penyakit yang menyebabkan lubang pada gigi. Terdapat beberapa bagian gigi yang lebih rentan terhadap karies ini.

Pit dan fissure terutama pada gigi posterior atau gigi belakang merupakan daerah yang paling rentan terhadap karies karena memiliki bentuk anatomis berupa lekukan-lekukan yang masuk ke dalam sehingga sisa-sisa makanan mudah menumpuk dan melekat di daerah tersebut.

Karies Gigi

Permukaan proksimal di bawah titik kontak gigi atau di sela-sela antara gigi yang satu dengan gigi lainnya. Daerah ini tidak mudah dibersihkan dan sukar untuk dijangkau oleh serabut sikat gigi. Membersihkan daerah proksimal memerlukan keahlian dan dapat dilakukan dengan penggunaan dental floss atau benang gigi. Akan tetapi, sebagian besar orang malas membersihkan gigi dengan benang gigi.

Daerah servikal atau yang dekat dengan leher gigi pada permukaan bukal/labial (sisi yang berhadapan dengan pipi atau bibir) atau permukaan palatal/lingual (sisi yang berhadapan dengan palatum atau langit-langit dan lidah). Daerah ini merupakan daerah dengan ketebalan lapisan email paling tipis dibanding dengan bagian gigi yang lain. Karies servikal biasanya berbentuk bulan sabit yang berawal sebagai daerah putih dan kemudian berlubang.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Bagian Gigi Yang Rentan Terjadi Lubang Atau Karies