Home » Kesehatan Gigiku » Awas Bahaya Akibat Diet Ketat

Awas Bahaya Akibat Diet Ketat

Friday, May 10th 2013. | Kesehatan Gigiku

Awas Bahaya Akibat Diet KetatAwas Bahaya Akibat Diet Ketat РMempunyai tuhuh ideal dan sexy adalah dambaan setiap wanita, terutama para remaja putri. Banyak remaja putri di dunia ini rela  berusaha mati-matian untuk yang melakukan diet agar mendapatkan tubuh langsing dan ideal, mulai dari makan/minum obat pelangsing, minum ramuan herbal atau bahkan sampai diet yang ekstrim. Tetapi Anda perlu waspada bila mempunyai rasa atau keinginan untuk menolak mempertahankan berat badan dan mempunyai rasa takut yang sangat berlebihan terhadap peningkatan berat badan Anda.

Anda penderita Anoreksik atau (lebih tidak umum) Anorektik?

Anoreksia Nervosa adalah sebuah penyakit gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya. Anoreksia Nervosa merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati ALT dan GGT, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.

Gejala Anoreksia Nervosa seringkali tidak terdeteksi karena pada awalnya penderita tidak akan mengeluh tentang adanya gangguan pada dirinya. hingga suatu saat keluarga akan mengetahui bahwa putrinya telah menjadi semakin kurus dari hari ke hari. Dan pada saat itu pula keluarga atau orang tua baru menyadari  bahwa putrinya seringkali tidak mau makan baik pagi, siang ataupun malam disebabkan alasan-alasan kesibukannya.

Salah satu gangguan yang terjadi pada masa remaja adalah Anoreksia Nervosa. Yaitu suatu gangguan khas khususnya bagi remaja putri, dimana terdapat penurunan berat badan yang sangat hebat.

Biasanya bila penderita sudah parah, akan sulit sekali untuk disembuhkan bahkan tak jarang akan berakhir dengan kematian. Untuk itu waspadalah bila remaja kita sudah mulai sulit untuk makan, mulai beraktivitas berlebihan dan menunjukkan gejala-gejala adanya gangguan Anoreksia Nervosa ini, cepat-cepatlah mengambil tindakan.

Advertisement
tags: , ,

Comment For Awas Bahaya Akibat Diet Ketat