Home » Kesehatan Gigi Dan Mulut » Aturan Lama Waktu Menyikat Gigi Yang Benar

Aturan Lama Waktu Menyikat Gigi Yang Benar

Tuesday, September 3rd 2013. | Kesehatan Gigi Dan Mulut, Perawatan Gigi

Aturan Lama Waktu Menyikat Gigi Yang BenarAturan Lama Waktu Menyikat Gigi Yang Benar – Menyikat gigi adalah hal yang harus dilakukan setiap hari guna menjaga kesehatan gigi. Menyikat gigi tidak hanya menyikat biasa saja namun ada cara untuk menyikatnya. Namun dalam postingan kali ini kami hanya membahas tentang berapa lama idealnya gigi harus disikat setiap hari.

Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, GCClindent., MDSc, jawabnya menyikat gigi hanya  perlu dilakukan dua menit saja.  “Logikanya, banyak daerah gigi yang harus disikat, mulai dari bagian kiri dan kanan sampai bagian luar dan dalam. Jadi idealnya dua menit, tapi kalau lebih dari itu tidak apa-apa,” kata dia.

Meski telah disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari, namun banyak sebagian orang masih belum mempraktikkannya dalam waktu yang tepat.

Dari hasil survei online Unilever di Prancis, India, Italia, dan Indonesia yang melibatkan 1.634 responden terdiri dari orangtua dan anak usia 8-12 tahun, terbukti 79% orangtua dan 85% anak di Indonesia tidak menyikat gigi di malam hari sebelum tidur.

Dia menegaskan bahwa menyikat gigi sebelum tidur adalah hal yang penting dilakukan karena bakteri dan sisa makanan yang ada dalam mulut akan berkembang biak di malam hari jika tidak dibersihkan. “Menyikat gigi sebaiknya dilakukan sebelum tidur dan sesudah habis makan karena bakteri dalam mulut berkembang biak dua kali lebih banyak di malam hari,” jelasnya.

Bila tidak menyikat gigi, maka sisa makanan dalam mulut menjadi santapan bakteri yang akan menghasilkan asam berbahaya bagi mineral gigi. Akibatnya,  gigi akan rentang  risiko gigi berlubang dan penyakit gigi lainnya.

Meyikat gigi perlu dilakukan tepat waktu agar terhindar dari gejala penyakit gigi. Sekian pembahasan dari kami semoga bermanfaat :)

Advertisement
tags: , , , , , ,

Comment For Aturan Lama Waktu Menyikat Gigi Yang Benar